Beredar Video Dugaan Kecurangan di Tapteng

sentralberita|Medan~Sejumlah video yang merekam dugaan kecurangan beredar melalui media sosial sehari setelah masa pencoblosan pemilu 2019 selesai.

Dalam salah satu video berdurasi 30 detik terlihat sejumlah warga yang diduga petugas TPS sedang melakukan perhitungan surat suara dengan menyebutkan perolehan suara untuk salah seorang caleg DPR RI dari Partai Nasdem Delmeria secara berturut-turut.

Akan tetapi dalam rekaman tersebut seorang warga memastikan bahwa surat suara tercoblos bukan untuk yang bersangkutan.

“Jelas kali nggak Delmeria itu, bah hayo kuihat dicucuknya bukan di Nasdem,” kata salah seorang warga dalam rekaman tersebut dengan menggunakan logat setempat.

Dalam keterangannya disebutkan dugaan kecurangan ini terjadi di TPS 1 Kampung Solok, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Selain video tersebut ada juga rekaman lain yang berisi rekaman seorang warga yang diduga petugas KPPS memasukkan beberapa surat suara kedalam satu kotak suara.

Dalam keterangannya disebutkan surat suara yang dimasukkan tersebut merupakan surat suara sisa, namun sudah dicoblos untuk memenangkan seseorang caleg. Disebutkan juga peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Anggota Bawaslu Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang mengatakan pihaknya sudah menerima informasi mengenai video tersebut. Saat ini pihaknya sudah langsung memerintahkan Bawaslu Tapanuli Tengah untuk melakukan penelusuran terkait kejadian tersebut.

“Kami sudah meminta agar Bawaslu disana melakukan penelusuran,” ujarnya.

Suhadi menjelaskan meski disebutkan peristiwa tersebut pada beberapa lokasi, namun mereka sebenarnya sangat berharap identitas lokasi tersebut terekam dalam video tersebut sehingga datanya lebih valid. Begitupun, Bawaslu Sumut menurutnya akan tetap melakukan penelusuran atas dugaan kecurangan ini.

“Kita akan tetap melakukan penelusuran dan penyelidikan. Karena itu menjadi tugas kami,” pungkasnya.(SB/01/rel).

Comments