Anggota DPRD Medan Ahmad Arif, Sosialisasikan Perda No. 5 Tahun 2014 MDTA

sentralberita|Medan~Anggota DPRD Medan Ahmad Arif, SE, MM mengingatkan Pemko Medan agar segera mengeluarkan Peraturan Walikota untuk penerapan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan No 5/2014 tentang Wajib Belajar Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA).

Sehingga Perda ini nantinya dapat terselenggara secara maksimal yakni masa belajar 4 tahun bagi siswa SD atau sederajat Sebagaimana diketahui Perda No 5 Tahun 2014 Pemko Medan tentang Wajib Belajar Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah terdiri XIII BAB dan 28 Pasal.

Ahmad Arif berharap Pemko Medan sudah mempersiapkan sarana, prasarana dan masalah teknis pelaksanaan, tenaga pendidik dan pendanaan supaya dialokasikan di APBD Kota Medan.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Arif pada kegiatan Sosialisasi Perda No. 5 Tahun 2014 tentang Wajib Belajar Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah [MDTA] pada tanggal    6 April 2019 bertempat di Jl. Sendok, Kel. Sei Putih Tengah, Medan Petisah, Medan. Dalam sosialisasi ini hadir juga pemuka agama, para guru madrasah dan masyarakat  umum.

Ahmad Arif juga menjelaskan, bahwa MDTA merupakan satuan pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam sebagai pelengkap pengajaran pendidikan dan diselenggarakan dengan masa belajar empat tahun.

Adapun tujuannya untuk memberi bekal kemampuan agama kepada peserta didik demi mengembangkan kehidupannya yang berilmu, beriman, bertaqwa, beramal shaleh dan berakhlak mulia, serta memiliki kepribadian, percaya diri, sehat jasmani dan rohani serta berguna bagi masyarakat.

Penyelenggara MDTA dapat dilakukan oleh organisasi, lembaga masyarakat, dan pemerintah daerah yang kegiataannya dapat dilakukan pada pagi atau sore hari di pondok pesantren, gedung mandiri, atau dapat dilaksanakan secara terpadu dengan sekolah.

Mantan Ketua Pansus Ranperda MDTA ini, menceritakan bagaimana proses pembahasan Ranperda ini menjadi Perda selama 2 tahun. Maka Ahmad Arif berharap dengan disahkannya perda tersebut, maka setiap siswa SD sederajat yang beragama Islam harus memiliki izajah Diniyah Takmiliyah Awaliyah sebagai syarat melanjutkan pendidikan ke SLTP Sederajat.

Bagi calon siswa SLTP tetapi belum memiliki izajah MDTA harus mengikuti ketentuan yakni yang bersangkutan wajib mengikuti pelajaran MDTA yang diselenggarakan secara khusus minimal 1 tahun oleh sekolah tersebut atau diikutsertakan pada MDTA terdekat. (SB/01)