Pembukaan Porwil Medan V, DPRD : Atlet Medan Tidak Hijrah ke Tempat Lain

Pembukaan Porwil Medan V, DPRD Medan: Atlet Medan Jangan Hijrah ke Tempat Lain

sentralberita|Medan~Puncak kebanggaan dan prestasi seorang atlet adalah ketika bisa mengumandangkan lagu Indonesia Raya di pentas internasional. Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Medan Ir H. Akhyar Nasution MSi yang mewakili Wali Kota Medan ketika membuka Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Medan V Tahun 2019.

“Bagi atlet yang diperjuangkan cuma satu yaitu mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional,” sebut H. Akhyar Nasution dalam acara pembukaan di Sekolah Angkasa, Jl. Polonia, Medan, Sabtu (23/3) pagi.

“Itulah pencapaian tertinggi seorang atlet yang harus kalian camkan Dan dalam setiap event olahraga, yang dikumandangkan pertama sekali adalah lagu Indonesia Raya dan semuanya hormat,” tambahnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli menyatakan, atas nama pimpinan DPRD Medan dan Anggota DPRD Medan mengucapkan selamat bertanding kepada atlet yang tampil, yang nantinya menjadi cikal bakal atlet PON Sumatera Utara.

“Harapan kami, agar atlet-atlet Kota Medan tidak hijrah ke tempat lain, karena Medan akan menjadi Kota Atlet. Kota Medan adalah Rumah Kita,” ucap Nanda Ramli.

Sementara John Lubis, menyebut program pembinaan di Sumut hingga hari ini sudah mempersiapkan 700 atlet menuju Pra PON XX mulai April sampai Desember 2019 . “Lebih dari 50 persen adalah atlet Kota Medan untuk itu KONI Sumut sangat mengharapkan dukungan dari Pemko Medan tidak hanya sampai di Porwil dan Porkot. Tetapi nantinya juga dalam membela Sumut di PON XX di Papua,” ungkap John Lubis.

Porwil Medan V Tahun 2019 berlangsung hingga 30 Maret. Arena multi event yang telah memasuki tahun ke lima ini melibatkan tak kurang dari 2.000 atlet dan ofisial dari 21 kecamatan.

Ketua Umum KONI Medan Eddy H Sibarani mengatakan, Porwil Medan V menjadi awal langkah Kota Medan untuk mempersiapkan atlet jauh-jauh hari menuju PON 2024, di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh. “Porwil ini kita proyeksikan untuk mencari bibit-bibit atlet yang akan kita persiapkan untuk menjadi duta-duta Sumut pada PON 2024 yang akan datang,” ujarnya.

Dijelaskan nya, para atlet yang berlaga pada porwil Medan V merupakan atlet lapis ketiga Kota Medan. “Lapis pertama kita siapkan untuk mengikuti kegiatan nasional maupun internasional. Lapisan kedua untuk mengikuti pertarungan di provinsi Sumut (Porprovsu) bulan Juni. Dan yang turun berlaga pada Porwil ini merupakan lapisan ketiga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Eddy pun turut mengucapkan terimakasih atas motivasi dan semangat dari seluruh stake-holder dan sponsor dalam mendukung KONI serta berbagai kegiatan olahraga di Kota Medan. Dia berharap kegiatan Porwil Medan V berlangsung sukses dan melahirkan atlet berkualitas untuk masa mendatang.

Gelaran Porwil Medan V, mempertandingkan sebanyak 19 cabang cabor. Selain itu, ada tiga cabor eksibisi yakni petanque, gateball, serta hoki.

Kontingen peserta adalah Wilayah I meliputi Medan Kota, Amplas, Denai, Tembung, Perjuangan, Maimun dan Area. Kemudian Wilayah II Medan Tuntungan, Johor, Polonia, Selayang, Sunggal, Petisah dan Baru. Sedangkan Wilayah III Medan Helvetia, Marelan, Labuhan, Deli, Belawan. (SB/01)

Comments