Patok lele dan Engkrang Diperlombakan Untuk Budayakan Permainan Rakyat


Seorang siswi sedang mengikuti perlombaan rakyat

Sentralberita|Kisaran~Di Zaman milenial berbagai permainan Gedget,iPhone,game zone,PlayStation serta internet sudah menjadi permainan favorit bagi kalangan anak-anak sehingga permainan rakyat nyaris terlupakan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Asahan Drs.Sopyan MAP saat membuka perlombaan permainan Rakyat di Lapangan Hokky Jalan Akasia Kisaran,Rabu (20/3/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Asahan yang bekerjasama dengan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diikuti ratusan peserta didik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) serta Sekolah Menengah tingkat Pertama (SMP) memperlombakan jenis permainan rakyat antara lain Permainan Patok Lele,Engklek,Sodor,Enggrang,Pecah Piring serta gerobak sodor.

Tampak di lokasi ratusan siswa dan siswi yang didampingi beberapa guru pembimbing serta Kepala Sekolah sangat berantusias mengikuti kegiatan yang nyaris terlupakan di lingkungan masyarakat tersebut.

“Dengan kegiatan ini kita akan mencoba mengenalkan permainan rakyat yang sangat digandrungi oleh anak-anak di jaman dulu sebab didalam permainan ini masih terdapat unsur olah raga dan seni.”ujar Sopyan kepada Sentralberita.com saat ditemui di lokasi permainan.

Dikesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Asahan,Drs.Sopyan MAP mencoba memperagakan beberapa permainan seperti Enggrang yang mana menurutnya permainan tersebut termasuk salah satu permainan pavorit nya.(SB/ZA)

S