Total Uang Diamankan Rp 156.758.000, KPK Bantah Menjebak Romi


Uang sitaan dalam OTT yang menjerat Romi

sentralberita|Jakarta~ Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif membantah pernyataan Ketua Umum PPP M Romahurmuziy yang menyebut jika ia dijebak dalam Operasi Tangkap Tangan KPK Jumat, (15/3/2019) kemarin.

“Soal dijebak, ya menurut saya tidak sama sekali proses penjebakan itu. Berarti kan ada orang KPK yang menjebak, dan antara teman-teman sendiri. Itu bertemu secara biasa,” ucapnya di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Laode melanjutkan, penyidik KPK mendapat informasi jika ada transaksi antara Romi bersama dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Gresik Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur Haris Hassanudin.

“Pertemuan itu antara teman-teman beliau sendiri. Itu mereka bertemu secara biasa. Tapi KPK bisa memantau berdasarkan laporan yang disampaikan masyarakat kepada KPK,” tandasnya.

Sebelumnya, saat keluar gedung KPK, Romi mengaku jika dirinya dijebak dalam perkara ini

“Saya merasa dijebak. Sisanya silahkan baca surat itu,” ucapnya seraya berjalan masuk ke dalam mobil tahanan.

Selain Romi, KPK juga menetapkan dua tersangka lain. Mereka ialah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Total uang yang diamankan tim KPK berjumlah Rp156.758.000. Uang tersebut, disita penyidik KPK Muhammad Muafaq Wirahadi Rp 17,7 juta, Amin Nuryadin selaku Asisten Romahurmuziy Rp50 juta, serta Rp70,2 juta, dan Haris Rp18,85 juta.(SB/pk)