14 Cabor Tak Ikut Pelatda Menghadapi Kejurnas Pra PON


Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis

sentralberita|Medan~Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) yang digelar KONI Sumatera Utara untuk menghadapi Kejurnas Pra PON, tampaknya tidak diikuti semua cabang olahraga. Dari 46 cabang yang dipertandingkan di PON 2020, hanya 32 cabor yang mengukuti Pelatda.

“Sesuai dengan deadline yang kita tetapkan kemarin, hanya 32 cabang olahraga yang mengajukan nama atlet untuk ikut pelatda. Mengingat PON 2020 mempertandingkan 46 cabang, berarti masih ada 14 cabor yang tidak mengajukan nama,” ujar Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis , Kamis (14/3).

Jhon Lubis tidak ingat cabang-cabang yang tidak mengikuti pelatda. Namun dia menjelaskan, cabang olahraga yang sudah mengajukan nama atlet, sudah dibuatkan dalam Surat Keputusan (SK). Meskipun begitu, dari 32 cabang itu, masih ada cabang yang bermasalah dalam admisnistrasi.

“Dari 32 cabang itu, masih ada yang bermasalah dalam administrasi. Kita tunggu mereka untuk menyelesaikan administrasi, sebelum dibuatkan SK per 1 April mendatang,” tambahnya.

Sedangkan untuk 14 cabang yang tidak mengajukan nama, KONI Sumut tidak bisa berbuat banyak. Mereka menyerahkan pelaksanaan pelatda kepada pengprov masing-masing, dengan biaya sendiri.
“Bagi cabang yang tidak menyerahkan nama atlet, kita serahkan kepada Pengprov untuk melaksanakan pelatda sendiri dengan biaya sendiri. Kita tidak tahu apakah mereka memiliki atlet atau tidak?” paparnya.

Meskipun begitu, KONI Sumut menegaskan akan tetap membantu 14 cabang tersebut saat mengikuti Pra PON nanti.

“Kalau memang mereka ingin mengikuti Pra PON nanti, kita tetap bantu. Makanya kita minta, cabang yang tidak mengikuti pelatda, segera melaporkan nama-nama ke KONI Sumut sebelum berangkat mengukuti Pra PON nanti,” sarannya.

Salah satu cabang yang mengiktui pelatda berjalan KONI Sumur adalah sepak bola. Sepak bola terdiri dari putra dan putri. “Kalau sepak bola, PSSI sudah menyerahkan nama-nama atlet dan pelatih. Mereka sudah mengikuti pelatda berjalan,” ungkap Jhon.

Sekretaris Asprov PSSI Sumut Fityan Hamdi mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan nama-nama pemain dan pelatih sepak bola putra dan putri.

“Sepak bola putra ada 23 pemain dan berlatih di lapangan PPLP Sumut. Sepak bola putra ditangani Suharto AD, Ansyari Lubis dan M Halim. Sedangkan sepak bola putri ditangani M Khaidir,” ujar Fityan.

Fityan menjelaskan, pemain sepak bola yang menjalani pelatda merupkan hasil dari Porwilsu lalu. Dan, pelatda ini menggunakan sistem promosi dan degradasi. “23 pemain itu belum pasti, berangkat ke Pra PON, karena nanti disisip dari hasil Porprovsu pada Juni mendatang,” pungkasnya.(SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan