Wali Kota Tinjau SMP Negeri 38 Medan

sentralberita|Medan~Mendapatkan pendidikan dengan kualitas tenaga pengajar serta fasilitas yang memadai merupakan hak bagi setiap anak bangsa di seluruh daerah, termasuk Kota Medan. Atas dasar itulah Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH meninjau ke SMP Negeri 38 Medan di Jalan Marelan, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kamis (7/2) pagi. Hal itu dilakukan untuk melihat sejauhmana proses belajat mengajar berlangsung, termasuk gedung maupun peralatan sekolah yang dimiliki SMP Negeri 38.

Kedatangan Wali kota disambut Kepksek SMP Negeri 38 Hj Rohanim beserta puluhan siswa. Kemudian Wali Kota melihat satu persatu kelas yang digunakan para siswa untuk belajar. Selain kondisi fisik bangunan, kerapian dan kebersihan serta peralatan pendukung yang berada dalam setiap kelas seperti halnya kursi dan meja belajar juga tidak luput dari perhatian Wali Kota.

‘’Kita harus memastikan bahwa seluruh sekolah di Kota Medan, termasuk SMP negeri 38  harus memiliki kondisi bangunan dan sarana penunjang sistem belajar mengajar yang layak. Hal tersebut agar setiap anak didik senantiasa semangat ketika belajar. Maka dengan demikian proses belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal,’’ kata Wali Kota.

 Dikatakan Wali Kota, sudah menjadi tanggungjawab pemerintah memastikan setiap sekolah hadir sesuai dengan standar pendidikan yang berlaku. Oleh sebabnya, jika kualitas pengajar yang kompeten didukung dengan kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang lengkap dan layak, dapat dipastikan mutu pendidikan dapat lebih baik dan meningkat. Sehingga masyarakat akan mempercayai sekolah tersebut sebagai tempat bagi anak-anaknya untuk memperoleh pendidikan.

Selain meninjau ruangan kelas, Wali Kota juga melihat kondisi kantin sekolah. Tinjauan ini untuk melihat setiap makanan yang disediakan pihak kantin dijual dalam keadaan bersih, higienis dan layak konsumsi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab jika makanan yang dijual tidak baik, dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit bagi para siswa yang membelinya.

  ‘’Makanan yang baik juga menjadi faktor pendukung bagi para siswa agar tetap lancar melakukan aktifitas belajarnya. Jika makanan yang dikonsumsi baik, para siswa bisa terhindar dari penyakit. Dengan demikian, siswa tidak akan berhalangan hadir sehingga dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap harinya,’’ tambahnya.

Selain itu Wali Kota juga memasuki ruangan dimana sejumlah siswa tengah belajar membuat cerita pendek. Wali Kota kemudian minta kepada salahs eorang siswi untuk membacakan cerpen hasil karyanya. Usai mendengarkan isi cerpen, Wali Kota  pun memberikan sedikit arahan guna menambah para siswa dan siswi untuk terus berkarya dan berkreatifitas.

Usai melakukan peninjauan di sekolah yang pernah mendapat gelar Adiwiyata pada tahun 2018 karena menerapkan program pendidikan lingkungan hidup satu-satunya di Kota Medan tersebut, Wali Kota berharap sistem pendidikan di Kota Medan dapat lebih baik ke depannya.

’Insya Allah peninjauan ke sekolah-sekolah akan dilakukan secara bertahap. Saya berharap seluruh pihak dapat lebih mendedikasikan dirinya demi majunya mutu pendidikan di Kota Medan. Terkhusus, bagi OPD terkait dan seluruh kepala sekolah baik ditingkat SD maupun SMP sehingga  kota Medan dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang berdaya saing,’’ harapnya.

 Kepsek SMP negeri 38 Hj Rohanim mengucapkan terima kasih, sebab Wali kota telah menluangkan waktunya datang berkunjung disela-sela melakukan peninjauan di Kecamatan Medan Marelan. Dikatakannya, kehadiran Wali Kota tentunya semakin memotivasi para guru untuk memberikan pembelajaran yang lebih baik kepada para siswa. Sebab,  Wali Kota dinilai sangat peduli dengan sekolah yang merupakan tempat para siswa mewujudkan cita-cita dan mengaktualisasikan diri. (SB/01/H/KU)

Comments

Tinggalkan Balasan