Sungai Barumum Akan Ditaburi Bibit Ikan Baung, Bupati Paluta Andar Amin Harahap Dukung Sepenuhnya

Pantia Sutan hasibuan, Raja Harahap, Sandri Nasution pertemu dengan Bupati Paluta Andar Amin Harahap di Medan beberapa waktu lalu, membicarakan pelaksanan penaburan bibit ikat baung di Sungai Barumun Paluta. Bupati menyambut dengan gembira dan memberikan dukungan sepenuhnya. (oto-ist)

sentralberita|Medan~Sungai Barumun yang terletak di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) merupakan potensi alam yang sangat potensial untuk diberdayakan dalam menunjang prekonomian alternatif masyarakat khususnya di sekitar kecamatan Simangambat dan Ujung Batu Paluta.

Masyarakat di dua kecamatan yang jumlah penduduknya puluhan ribu tersebut, diantara masih banyak yang mengantungkan hidup di Sungai Barumun yang panjangnya ratusan kilo meter tersebut.

“Warga yang berada disekitar Sungai Barumun sebahagian besarnya menjadikan sebagai tempat untuk mencari nafkah memenuhi kebutuhan hidup sehari-seharinya,”ujar Sutan Hasibuan sebagai putra daerah yang saat ini sebagai pengurus Koperasi Parsub.

Sutan Hasibuan dengan menaiki perahu boat menelusuri Sungai Barumun yang akan dijadikan tempat konservasi bibit ikan baung beberapa waktu lalu. (f-ist)

Menyadari potensi Sungai Barumun dan kebutuhan masyarakat terhadap sungai tersebut, Koperasi PARSUB yang merupakan wadah berkumpulnya putra dan putri berasal dari dua kecamatan siamngambat-Ujung Batu yang berada di perantauan, merasa terpanggil bergerak untuk melestarikan Sungai Barumum dalam suatu kegiatan ” Penaburan Bibit Ikan Baung” yang rencananya dilakukan di dua tempat Sungai Barumun Kecamatan Simangambat dan Ujung Batu pada tanggal 9 Maret 2019.

Dalam upaya konservasi sungai Barumun dengan penaburan bibit ikan baung tersebut, menurut Ketua panitia pelaksana, Sutan Ahmad Sayuti Hasibuan, ST, Selasa (26/2/2019) di Medan, bahwa jumlah bibit ikan baung yang akan ditabur sebanyak 20.000 ekor, sekaligus akan didokumentasi dalam bentuk film dokumentar.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si dan Ketua Koperasi PARSUB Drs Safaruddin Siregar secara simbolis akan menabur bibit ikan baung terbut dengan terlebih dahulu secara resmi dibuka Bupati yang akan dihadiri DLH Sumut, Kepolisian, Kejari Paluta, Camat Simangambat, Camat Ujung Batu, Tokoh Masyarakat dan OKP serta seluruh perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Sungai Barumun.

Menurut Sutan, sebelum penaburan bibit ikan akan dilakukan komitmen bersama tentang pelestaraian Sungai Barumun yang dituangkan nota kesepahaman.

“Kami telah bertemu dengan Bupati Paluta dan Bupati menyampaikan kesediannya membuka kegiatan dan menyatakan dukungan sepenuhnya demi suksesnya Penaburan Bibit Ikan Baung di Sungai Barumum Paluta,”ujar Sutan.

Bahkan Bupati menyampaikan, kedepan diharapkannya adanya program perikanan yang dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat Paluta. “Saya sebagai Bupati di Paluta sangan merespon dan mendukung sepenuh segala program-program yang dilaksanakan elemen masyarakat seperti PARSUB ini,”ujarnya. (SB/Husni L)

Comments