Rakor TNI-Polri Antisipasi Kerusuhan dan Pastikan Netralitas Pemilu 2019

sentralberita|Medan~TNI dan Polri menggelar rapat kordinasi bersama menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 di The Hill, Sibolangit, Jumat (8/2/2019) Deliserdang.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah bersama pejabat utama kedua institusi hadir di kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan,” kata Agus Andrianto dalam sambutannya.

Selain itu, jelas Agus juga untuk menghitung kekuatan personil dalam membantu pemerintah daerah untuk mengantisipasi kerusuhan dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Ia juga menghimbau kepada seluruh personil agar menjunjung tinggi netralitas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

“Saya pastikan TNI dan Polri akan netral dalam bertugas, apalagi kedua institusi tersebut tidaklah memiliki hak memilih,” tegasnya.

Agus juga menghimbau pada seluruh masyarakat untuk tidak percaya dan tidak menyebarkan informasi hoax. “Jangan mau digiring sama kelompok tertentu yang anti pancasila. TNI bersama Polri dan masyarakat akan tetap bergandengan menjaga NKRI,” pungkasnya.

Reuni Angkatan

Terlihat, sebelum Rakor dimulai masing masing angkatan berkumpul disejumlah meja seperti angkatan 1993, 1994, 1996, 1999 dan 2001.

Canda tawa pun terlihat dari aktifitas dan wajah mereka. Foto bersama sebagai bentuk mengingat kenangan masa lalu dilakukan sebelum memulai Rakor tersebut.

Rakor yang dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah beserta pejabat utama dari kedua institusi juga didampingi istri dari para perwira.

“Rakor ini untuk melakukan pemetaan dan kesiapan dalam mengamankan serta mensukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019,” kata Kapolda Sumut.

Agus menjelaskan tugas TNI dan Polri nantinya untuk membantu tugas dari penyelenggara pemilu serta pemerintah daerah setempat.

Ia juga menyatakan TNI dan Polri adalah kakak beradik yang selalu bersinergi untuk menjaga kedaulatan NKRI. Agus juga memastikan kedua institusi tersebut akan tetap netral dan profesional dalam menjalankan tugas. “TNI dan Polri tidak memiliki hak pilih dan pastinya akan tetap netral,” tegasnya.

Olahraga Bersama

Personil Polda Sumatera Utara bersama Kodam I Bukit Barisan menggelar olahraga bersama di Sibolangit usai melaksanakan rapat kordinasi Pilpres dan Pileg 2019.

Olahraga bersama ini dipimpin Wakapolda Sumut Brigjen Mardiaz Kusin D bersama Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto dan pejabat utama dari kedua institusi tersebut, Sabtu (9/2/2019).

“Selain untuk kebugaran tubuh, ini juga untuk mempererat kekompakan personil,” kata Wakapolda.

Mardiaz berharap sinergitas TNI dan Polri terus dapat terjaga.

Setelah melaksanakan senam bersama, orang nomor dua di Polda Sumut berjalan sejauh 1 kilometer bersama perwira dari kedua institusi tersebut.(SB/01)