Sungai Bahilang Meluap, Ratusan Rumah di Dua Kecamatan Terendam Banjir

BANJIR: Camat Tebingtinggi kota memantau lokasi banjir dan ratusan rumah yang terendam banjir.

Sentral Berit | Tebing Tinggi~Banjir kiriman dari Sungai Bahilang,selasa pagi (6/11) sekitar pukul 04;00 Wib, merendam ratusan rumah di 2 kecamatan di Kota Tebing Tinggi,yaitu Kecamatan Tebing Tinggi Kota dan Kecamatan Padang Hulu,ketinggian air mencapai dengan kedalaman 40-50 cm,atau di bawah lutut orang dewasa.

Meluapnya sungai Bahilang di akibatkan tingginya curah hujan di wilayah hulu,tepatnya di Kabupaten Simalungun curah hujan sangat tinggi, sementara debit arus air yang besar tidak bisa ditampung oleh Sungai Bahilang,apa lagi dinding tembok yang ada di pinggiran sungai Bahilang sudah 4 tahun roboh di hantam banjir,membuat cepatnya air masuk dan meluas ke perkampungan warga.

Banjir yang merendam Kelurahan Mandailing, Kecamatan Tebing Tinggi Kota di perkirakan ada 90 rumah, sedangkan di Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi di Kelurahan Persiakan sebanyak 412 rumah dan di Kelurahan Tualang sebanyak 365 rumah.

Ketika di konfirmasi awak media di lokasi banjir,Edi (48) Kepling Lingkunga 1,Kelurahan Mandailing Kota Tebingtinggi,mengatakan bahwa banjir mulai masuk kepemungkiman rumah warga,selasa sekitar pukul 05.30 WIB. “Air sungai bahilang dengan cepatnya di karenakan tanggul yang ada di pinggiran sungai jebol,dengan jebolnya dinding tembok membuat air masuk begitu cepat.

Harapannya,pemerintah kota agar cepat merenopasi dinding tembok yang jebol,karena sebelumnya warga sudah membuat surat permohonan ke kantor wali kota Tebingtinggidi perbaiki secepatnya,agar apa bila terjadi banjir seperti hari ini ,luapan air tidak begitu cepat masuk kerumah warga.kata Edi.

‘Dengan adanya laporan dari Warga,bahwa di Kelurahan Mandailing puluhan rumah terendam banjir,pihak dari pemerintah melalui Camat Tebingtinggi Kota,Kota Tebing Tinggi,Manda Yulian,S.STP,M.Si,beserta lurah Pasar Baru Kota Tebingtinggi,langsung turun kelokasi untuk memantau dan mendata para rumah korban yang terendam banjir,banjir di sebabkan dengan meluapnya air sungai bahilang,sehingga merendam beberapa rumah warga yang ada di bantaran sungai bahilang.ucap Manda.

Tambahinya,Dengan adanya kejadian banjir yang merendam rumah warga,pihak dari kecamatan Tebingtinggi Kota,akan siap membuat posko penampungan korban banjir,di kantor Kecamatan dan Kelurahan,dan bukan hanya itu saja,pihak kecamatan juga mempersiapkan logistik seperti makanan.terang Manda.

Harapan bagi warga,harus tetap waspada,dan kalau ada warga yang mengalami penyakit gatal-gatal dan diare harus cepat di laporkan ke posko terdekat,supaya cepat di beri pertolongan ,seperti di suntik dan di beri obat-obatan ucap Manda ( SB/imran ).

 

 

Comments

Tinggalkan Balasan