Penerbangan Langsung Jakarta-Nias PP, Resmi Beroperasi

sentralberita|Nias~Rute penerbangan langsung Jakarta-Nias PP akhirnya resmi beroperasi pada hari ini, Kamis (15/11/2018). Hal tersebut ditandai dengan pendaratan sempurna pesawat Bombardier CJ 1000 generasi terbaru berkapasitas 96 penumpang milik maskapai Garuda Indonesia, di Bandara Binaka, Gunung Sitoli, Nias.

Turut serta dalam penerbangan langsung perdana tersebut adalah, para kepala daerah se-Kepulauan Nias, Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman, Kosmas Harefa dan juga Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly yang keduanya adalah putra daerah asli Nias.

“Rute penerbangan langsung Jakarta-Nias PP ini adalah sukacita bagi kita semua, ini diperjuangkan secara keras oleh kita semua, perjuangan panjang ini diawali dengan inisiatif untuk mengawali pembukaan rute penerbangan ini, kami dan beberapa kepala daerah di Nias mengajukan permohonan kepada beberapa maskapai. Hal ini dapat terwujud pun berkat dorongan dan dukungan Menkumham Yasona Laoly, kami sangat berterima kasih,” ujar Asisten Deputi Bidang Olahraga dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman, Kosmas Harefa kepada awak media.

Sementara itu, Menkumham Yasona Laoly mengatakan, dengan adanya rute penerbangan langsung Jakarta-Nias PP, pada akhirnya selain dapat meningkatkan potensi ekonomi daerah, pun dapat memudahkan masyarakat dan lebih hemat dibandingkan dengan penerbangan transit. Selain itu, Menkumham Yasona Laoly juga menjawab pertanyaan wartawan perihal mengapa Menkumham ikut mengurus rute penerbangan langsung Jakarta-Nias PP. Menurutnya, ini adalah panggilan moral dirinya sebagai putra daerah yang ingin berkontribusi bagi daerahnya.

“Karena ini adalah panggilan hati nurani saya sebagai putra daerah Nias yang ingin turut memajukan tanah kelahirannya, saya merasa punya tangggung jawab moral, dengan posisi dan tanggung jawab saya sekarang, saya ingin mencoba mendorong agar hal ini bisa terwujud. Apresiasi saya juga untuk seluruh pihak yang membantu mewujudkan hal ini, dan untuk Asdep Kosmas yang turut serta sibuk memfasilitasi,” jelasnya.

Akan ada jadwal penerbangan 3 hari dalam seminggu, yakni pada Selasa, Kamis dan Sabtu. Penerbangan dari Jakarta menuju Bandara Binaka Gunung Sitoli (Nias) akan berangkat pada pukul 07.35 WIB dan akan tiba di Binaka Gunung Sitoli (Nias) pada pukul 09.55 WIB, untuk sementara rute sebaliknya, Binaka Gunung Sitoli – Jakarta akan transit di Padang sebelum melanjutkan penerbangan ke Jakarta. Penerbangan dari Binaka Gunung Sitoli menuju Padang akan diberangkatkan pada pukul 10.50 WIB dan tiba di Padang pada pukul 12.00 WIB dan diberangkatkan menuju Jakarta pada pukul 12.50 WIB dan tiba di Jakarta pukul 15.00 WIB. (SB/01/rel).

Comments