Ini Kebijakan Seleksi Masuk PTN Tahun 2019

sentralberita|Jakarta~Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan kebijakan terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) Tahun 2019. Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efesien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Ketua Panitia Pusat Ketua Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2018, Ravik Karsidi mengatakan, nantinya penerimaan mahasiswa baru akan dilaksanakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“LTMPT merupakan lembaga nirlaba penyelenggara tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru,” ujar Ravik, Senin (22/10/2018).

Menurut Ravik, LTMPT berfungsi untuk mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN. Mereka juga bertugas melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pola seleksi masuk PTN tahun 2019 melalui tiga jalur. Yaitu SNMPTN dengan daya tampung minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen dan seleksi mandiri maksimal 30 persen dari kuota daya tampung tiap prodi di PTN.

“Pada pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan dan UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan (akan masih dikembangkan),” jelasnya.

Sedangkan materi tes yang dikembangkan dalam UTBK tahun 2019, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dengan kelompok ujian Saintek atau Soshum. Bagi prodi keolahragaan dan atau seni cukup mengunggah dokumen prestasi atau portofolio saja. Tidak dilaksanakan Ujian Keterampilan (UK). (SB/M.c/01)

Comments

Tinggalkan Balasan