DHC BPPK’45 Kota Medan Bekerjasama SMK Yayasan Taman Siswa Medan Bekali 60 Siswa

Pemukulan gong oleh DHC 45 menandai pembukaan sarasehan kepada siswa

sentralberita|Medan~Dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-73, sekaligus melaksanakan program kerja Badan Penerus Kejuangan ’45 kota Medan melaksanakan kegiatan sarasehan “Pendalaman Jiwa,Semangat dan Nilai-Nilai Juang ’45” kepada siswa SMK Taman Siswa kelas XI dan XII,bekerjasama dengan pengurus SMK Yayasan Taman Siswa Medan, 4 Oktober 2018 lalu di Aula Yayasan Taman Siswa Medan.

Menurut sekretaris Dewan Harian Cabang 45 kota Medan Supriadi, KS, Kamis (11/10/2018) tujuan kegiatan kegiatan yang telah dilaksanakan itu untuk pembekalan para siswa sebagai generasi muda agar memahami dan mengetahui negara RI adalah negara besar di dunia yang harus dijaga keutuhan dan kehormatannya.

Disamping itu, kata Supriadi, siswa dapat merasakan pahit getirnya pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan yang tanpa mengharapkan balas jasa. “Kita harapkan siswa bertekad untuk mewarisi semangat juang dan prilakunya”ujar Supriadi.

Prilaku yang kita harapkan dari siswa, tambahnya, dapat merubah kearah yang lebih positif bagi masyarakat, dengan menyadari tanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tanggung jawab dalam mempertahankan dalam membela negara serta serta menghindarkan diri dari kebiasaan tawuran, narokoba, ugal-ugalan dan gaya hidup mewah.

Untuk mencapai tujuan dalam pembekalan kepada 60 siswa tersebut, dilakukan metode ceramah, pengalaman pelaku pejuang sejarah,diskusi dan tanya jawab.

Respon para siswa cukup antusias,terutama ketika mendengarkan para nara sumber dari DHC ’45 Umbar Subroto tentang jiwa, semangat ’45 yang perlu diwarisi generasi muda. Kesbang Polinmas Laksamana Putra yang mengupas wawasan kebangsaan. Dari Kapolrestabes Medan Kompol Robinson tetang peran serta generasi muda dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta dari Dandim 0201/BS Mayor Rizal menganai peran generasi muda dalam bela negara, serta dari BNN Sumut Karjono SP tentang bahaya narkoba dan cara pengendaliannya.

“Para siswa bertanya dan berdiuskusi, sehingga terlihat munculnya pemahaman dan kesadaran dan tanggung jawab dalam diri mereka,”ujar Ketua DHC’45 Kota Medan Usman Permadi yang didampingi ketua pantia Ir H Edy Soedardjo seraya menyampaikan membuka pembekan tersebut dari DHD ’45 Pemropvsu , Jalaluddin Siregar. (SB/01)

Comments