Dari Tukang Las Hingga Milliuner Terkaya

ilustrasi uang

Sentralberita|Jakarta~Kisah inspiratif datang dari miliuner China bernama Zhang Yong. Saat masih muda, dia bekerja sebagai tukang las di perusahaan traktor dan tak pernah datang ke restoran di masa kecilnya.

Namun sekarang, dia menjadi miliuner terkaya di China berkat bisnis rantai restoran yang dia dirikan. Uniknya lagi, dia sebetulnya tidak jago memasak.

Dilansir dari CNBC, Zhang Yong pertama kali membuka restoran pada tahun 1994 karena dia protes pada kebijakan perusahaannya dalam masalah apartemen. Sekarang dia bukan lagi pemilik restoran, melainkan CEO Haidilao International Holding, sebuah persero yang menjadi induk restoran.

Restoran di bawah Haidilao memiliki spesialisasi di makanan rebus, baik itu daging, sayuran, dan mie. Zhang Yong ingin memberikan pembeli pengalaman optimal, karena dulu mendapat perlakuan tak menyenangkan saat pertama ke restoran.

“Saya berasal dari perkampungan, di mana orang-orang kampung percaya jika kamu mengambil uang dari orang lain dan kamu tidak menguntungkan mereka, maka kamu adalah seorang pembohong,” ujar sang miliuner.

Di restoran Hai Di Lao, pembeli diberikan layanan seperti manicure gratis dan semir sepatu ketika sedang menunggu hidangan. Pihak restoran juga menyediakan hiburan berupa ‘tarian mie’ ketika pelanggan memesan hidangan itu.

Sekarang, pria yang tidak lulus SMA itu telah menjadi miliarder dengan harta sebanyak USD 3,9 miliar atau Rp 59,2 triliun (USD 1 = Rp 15.189). Perusahaan yang dia pimpin juga memiliki nilai sampai USD 12 miliar (Rp 182,6 triliun).(SB/M.c)

Comments

Tinggalkan Balasan