Berusaha Kabur, Tahanan Kejari Medan Berhasil Diamankan

sentralberita|Medan ~Seorang terdakwa kasus tindak pidana umum ( pidum )  tahanan Kejari Medan Natalis Marganda Samosir, berusaha melarikan diri saat proses pemindahan dari mobil tahanan ke sel sementara Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Peristiwa, berusaha kaburnya tahanan tersebut berawal, saat mobil tahanan sedang menurunkan para tahanan yang baru tiba dari Rutan Kelas I Medan, Selasa (16/10). Awal pemindahan tahanan menuju sel tampak lancar.

Namun tidak lama berselang, mulai terjadi kepanikan dari dalam mobil tahanan, dan setelah diperiksa, ternyata seorang tahanan yang mengenakan kaos kerah putih-biru berusaha melarikan diri dalam mobil. Sontak saja  ia dikejar petugas pengawal tahanan (Waltah) yang dibantu pihak kepolisian.

Aksi percobaan kabur itu tidak berlangsung lama, setelah petugas dengan sigap mengamankannya dan membawanya kembali masuk ke sel tahanan. Tersangka sempat dipukul karena berusaha melawan dari sergapan petugas.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari)  Medan Dwiharto belum bisa memberikan identitas tahanan yang berusaha melarikan diri. Begitu pun, katanya, ia masih menunggu informasi dari Kepala Seksi Intelijen.

“Nanti dulu. Saya tunggu laporan kasusnya seperti apa. Saya baru dapat informasi juga dari Kasi Intel. Intinya, kami mengimbau, jangan coba-coba melarikan diri. Prosedur sudah kami tempuh. Janganlah mencoba melarikan diri,” ucap Dwiharto.

Dengan kejadian tersebut, Kejari Medan juga merasa perlu meningkatkan dan menguatkan proses pengawalan tahanan mulai dari rutan menuju pengadilan dan sebaliknya.

“Kita akan lebih tingkatkan lagi. Makanya, saya coba evaluasi nanti kenapa bisa terjadi seperti tadi,” ujarnya. ( SB/FS )

Comments

Tinggalkan Balasan