Banjir Kepala Sungai, 117 Rumah Warga Tergenang dengan Ketinggian Air 80 cm

Banjir melanda penduduk akibat hujan lebat, ratusan rumah tergenang air, terpaksa menaiki perahu yang terbuat dari batang pisang, terlihat seorang anak kecil dibawa orangtuanya 

sentralberita|Medan~Sebanyak 117 rumah warga di Desa Kepala Sungai, Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Sumut, masih terendam banjir, ketinggian air mencapai 80 centimeter.

Banjir yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi sejak kemarin mengakibatkan sungai kapal keruk meluap dan masuk ke pemukiman warga. Demikian disampaikan Kepala Desa Kepala Sungai, Suriono, Rabu (10/10).

“Air masuk ke pemukiman warga hari selasa (9/10) sekira pukul 16.00 WIB. Ketinggian air bervariasi dari 70-80 cm,” ujar Suriono

Sementara itu jumlah rumah yang tergenang di dusun V Tebasan Desa Kepala Sungai ada 117 rumah, warga yang rumahnya tergenang sebagian mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi.

Menurut salah seorang warga yang bernama Tatik (40) banjir sedalam ini pernah terjadi dua puluh tahun yang lalu dan terulang lagi pada tahun ini.

Selain itu juga hari ini puluhan warga sudah mendatangi posko kesehatan dari UPT Puskesmas Teluk langsung ditangani Kapus dr Evi Diana dan dr Fadel Sitepu di Mesjid Al Hidayah untuk berobat, karena para korban banjir sudah mulai merasakan gatal-gatal dan ISPA.

Sementara itu warga belum ada mendapat bantuan dari pemerintah daerah Langkat, hanya ada inisiatif Kepala Desa Kepala Sungai yang memberikan bantuan berupa mie instan, telur dan juga beras.

Dusun V Tebasan merupakan dusun yang terletak persis di tepi sungai kapal keruk, sehingga bila intensitas curah hujan tinggi maka air akan melimpah kepermukiman. Sementara itu hewan ternak seperti sapi dan kambing milik warga di evakuasi ke tanggul dan dijaga oleh pemili. (SB/Diur).

Comments

Tinggalkan Balasan