Babak Pertama, Timnas U-19 Indonesia Vs Qatar Tertinggal 1-4

Sentralberita|Jakarta~Timnas U-19 Indonesia untuk sementara tertinggal 1-4 dari Qatar pada babak pertama laga kedua penyisihan Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018).
Tiga gol Qatar dicetak Hashim Ali pada menit ke-11, Abdulrasheed Umaru (13′, 41′), Mohammed Waad (24′). Adapun satu gol balasan Indonesia dicetak Muhammad Luthfi Kamal pada menit ke-28.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Indonesia mengambil inisiatif menyerang terlebih dulu. Dua sisi sayap yang diisi Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani menjadi lini yang paling aktif dalam 10 menit awal. Qatar mengejutkan Indonesia setelah mencetak gol pembuka pada menit ke-11.

Berawal dari serangan balik, Abdulrasheed Umaru mengirimkan umpan silang mendatar dari sisi kanan pertahanan Indonesia.
Kapten Indonesia, Nurhidayat, yang berniat menghalau justru luput dan menyebabkan bola jatuh di kaki Hashim Ali.

Dalam situasi berhadapan dengan kiper Muhammad Riyandi, Hashim Ali dengan mudah menceploskan bola dengan sepakan kaki kanan.

Belum sempat bangkit, Indonesia kembali kebobolan dua menit berselang. Kini Abdulrasheed Umaru yang menghukum kelengahan lini belakang Indonesia. Lolos dari jebakan offside, Abdulrasheed melakukan akselerasi dari lini tengah dan mengakhirinya dengan tendangan keras menggunakan kaki kanan.

Kebobolan dua gol cepat membuat Indonesia seperti kehilangan konsentrasi. Pada menit ke-24 kelengahan Indonesia kembali diganjar gol Qatar. Mohammed Waad mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang sempat berbelok arah.

Gol Indonesia yang ditunggu seisi SUGBK terjadi pada menit ke-28. Muhammad Luthfi Kamal mencetak gol indah saat tendangan bebasnya dari sisi sayap kiri meluncur deras ke gawang Qatar.

Setelah gol ini, Indonesia mengambil alih kendali permainan. Alih-alih mencetak gol, Indonesia justru kembali kebobolan. Pada menit ke-41, Abdulrasheed Umaru mencetak gol keduanya. Koordinasi yang buruk dari lini belakang Indonesia benar-benar menjadi catatan pada babak pertama.

Indonesia beruntung hanya kebobolan empat gol karena beberapa kali para pemain Qatar sangat mudah masuk ke kotak penalti. Skor 4-1 untuk Qatar bertahan hingga turun minum.

Susunan pemain timnas U-19 Indonesia versus Qatar : Indonesia: 1-Muhamad Riyandi; 3-Asnawi Mangkualam, 5-Nurhidayat (C), 13-Rachmat Irianto 11-Firza Andika; 7-Muhammad Luthfi Kamal, 8-Witan Sulaeman, 17-Syahrian Abimanyu; 15-Saddil Ramdani 9-Muhammad Rafli Mursalim, 10-Egy Maulana Vikri Pelatih: Indra Sjafri

Qatar: 23-Salah Zakaria H; 19-Ahmed Suhail A, 16-Hashim Ali A, 11-Abdulla Nasser M. Almurisi, 2-Nasir Peer Baksih, 3-Ahmed Albakheet; 5-Youssef Ayman F; 4-Abdullah Ali Saei, 10-Khaleed Mohammed M.Saleh, 17-Mohammed Waad A; 7-Abdulrasheed Umaru (SB/kom/01)

Comments

Tinggalkan Balasan