Amien Rais Beberkan Ketika Dirinya Diperiksa Polisi Selama 6 Jam

Sentralberita|Jakarta~Amien diperiksa polisi terkait kasus Ratna Sarumpaet selama enam jam dengan berbagai pertanyaan. Ini kata Mantan ketua umum PP Muhammadiyah itu menceritakan

1. Dimuliakan Penyidik 

Politisi senior Amien Rais diperiksa polisi selama 6 jam. Namun pemeriksaan yang berlangsung hanya separuh dari waktu tersebut. Amien mengaku pemeriksaan berlangsung cukup akrab.

Bahkan dia mengaku begitu dimuliakan oleh penyidik saat menjalani pemeriksaan. “Saudara-saudara, saya merasa dihormati, dimuliakan oleh para penyidik. Jadi betul-betul suasananya akrab penuh tawa,” kata Amien Rais.

2.Ditanya 30 pertanyaan

Saat diperiksa terkait kasus Ratna Sarumpaet, mantan ketua MPR RI Amien Rais dicecar dengan 30 pertanyaan oleh penyidik. Amien mengatakan puluhan pertanyaan itu di antaranya 10 mengenai data diri, 10 soal kegiatan di Indonesia dan 10 terkait masalah hoax.

“10 Pertanyaan soal saya lahir di mana, sekolah apa aja, kegiatan saya. 10 Pertanyaan berikutnya kegiatan saya di Indonesia ini, saya katakan pernah jadi Ketum Muhamadiyah, Ketum PAN, ketua MPR, dan lain-lain.

10 Pertanyaan menyangkut masalah-masalah bersinggungan dengan penyebaran hoax. Semua pertanyaan saya jawab dengan memuaskan tidak berterjemah satu dua,” jelas Amien.

3. Disuguhi makan dan salat berjamaah

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais membeberkan situasi ketia dia diperiksa oleh penyidik. Amien mengaku pemeriksaan berlangsung sangat akrab dan santai.

Dia bahkan disuguhi makanan kesukaannya, gudeg. Selain itu di sela-sela pemeriksaan, Amien sempat salat berjamaah dengan para penyidik.

“Yang separuh (pemeriksaan) itu untuk makan dan salat dan ngobrol ke sana ke mari,” ujar Amien Rais.

4.Pertanyaan tidak ada yang menjebak

Mantan ketua umum Muhamadiyah, Amien Rais mengatakan selama menjalani pemeriksaan semua berjalan dengan baik. Dia mengaku pertanyaan-pertanyaan yang diberikan polisi jelas dan tidak menjebak.

“Pertanyaannya tidak ada yang berputar-putar bahkan menjebak. Alhamdulilah. Skenario yang ditakutkan orang Ratna Sarumpaet bohong, Amien Rais yang mendalangi. Itu tidak pernah mungkin terjadi, karena diputer seperti apapun saya tidak pernah berhubungan dengan Ratna Sarumpaet lewat telepon dan lain-lain,” kata Amien Rais.(SB/mc/01)

Comments

Tinggalkan Balasan