Alokasi Belanja Langsung Pemko Medan Belum Cerminkan Rasa Keadilan Masyarakat

Sentralberita|Medan~Struktur belanja daerah pada rancangan APBD 2019 diproyeksikan sebesar Rp. 5,94 trilyun lebih dengan rincian, belanja tidak langsung sebesar Rp. 2,07 trilyun lebih atau 34,93 persen dan belanja langsung sebesar rp. 3,87 trilyun lebih atau 65,07 persen.

“Memang benar bahwa proyeksi belanja langsung lebih besar dari pada belanja tidak langsung, namun harus disadari, bahwa prioritas pembangunan yang dialokasikan pada belanja langsung yang bersentuhan dengan masyarakat belum mencerminkan prinsip yang berkeadilan dan partisipatif, kata Beston Sinaga, SH, MH membacakan pandangan umum fraksi Persatuan Nasional (Partai Nasdem dan PKPI) DPRD Medan, Senin (22/10/2018)

Sebab bila melihat porsi belanja yang dialokasikan untuk pelayanan publik melalui belanja modal hanya mencapai Rp. 1,18 trilyun lebih atau 20,01 persen dari total belanja daerah, sedangkan belanja barang dan jasa mencapai Rp. 1,93 triliun lebih atau 32,56 persen dari total belanja daerah dan belanja pegawai mencapai rp. 2,17 triliun lebih atau 45,70 persen dari total belanja daerah.

Sehingga pernyataan pemerintah kota yang menyatakan anggaran infrastruktur kota tahun 2019 mencapai Rp. 1,7 triliun terlalu bombastis dan tidak realistis, ujar Beston pada paripurna Nota Pengantar Kepala Daerah atas Ranperda kota Medan tentang Rancangan APBD kota Medan tahun Anggaran 2019 yang dihadiri Walikota Medan Djulmi Eldin dengan pimpinan sidang Henry Jhon Hutagalung.

Hal ini tentunya menjadi pertanyaan kami, “seriuskah pemerintah kota Medan dalam mengatasi persoalan kota Medan yang terjadi saat ini, seperti mengatasi banjir, perbaikan jalan dan drainase, penataan pasar tradisional, menata dan menambah fasilitas publik, taman kota, penerangan kota dan area publik lainnya.

Apakah dengan belanja modal sebesar Rp. 1,18 triliun atau 20,01 persen, dapat mengatasi persoalan kota Medan, untuk itu fraksi Persatuan Nasional (Partai Nasdem dan PKPI) minta penjelasan. (SB/Husni L)

Comments

Tinggalkan Balasan