Akibat Banjir Luapan Sungai Deli, 750 KK Mengungsi, Pemko Fasilitasi di Kantor Kelurahan,Ini Videonya

Sentralberita|Medan~Sebanyak 750 kepala keluarga di Jalan Brigjen Katamso, kecamatan Medan Maimun, Sumatera Utara terpaksa mengungsi, akibat banjir luapan sungai Deli yang merendam rumah mereka, Sabtu malam.

Banjir terparah merendam permukiman bantaran sungai di kecamatan Medan Maimun,  warga berupaya mengevakuasi anggota keluarga dengan menerobos ketinggian air yang mencapai bahu orang dewasa.

Makin tingginya intensitas air Sungai Deli yang menggenangi ratusan rumah warga membuat pihak BPBD kota Medan harus kerja ekstra untuk mengevakuasi warga. Walau beberapa warga masih tetap bertahan di rumah. Banyak warga minta untuk dievakuasi, karena takut debit air terus meninggi dan membahayakan keselamatan anak-anak mereka.

Salah seorang warga, Rudi Syahputra mengaku kampung yang dihuninya ini menjadi langganan banjir, ketinggian air mencapai 1 meter. Saat banjir warga bertahan diatas rumah, namun sebahagian warga mengungsi ketempat yang lebih aman.

Banjir luapan sungai deli yang merendam ratusan rumah warga ini diakibatkan hujan deras yang berkepanjangan// terlebih lagi/ pemukiman rumah warga yang berdekatan dengan bibir sungai.

Pemko Medan Fasilitasi Warga

Minggu dinihari, pemerintah kota medan menfasilitasi warga korban banjir luapan sungai Deli di salahsatu ruangan aula kantor Lurah Sei Mati di Jalan Brigjen katamso Medan, kecamatan Medan maimun. Para warga terlihat mengaevakusi barang-barang mereka kedalam ruangan yang telah disiapkan oleh pemrintah setempat//

Dengan alas seadanya, warga yang terdampak banjir luapan sungai deli berkumpul dengan sanak keluarganya diruangan aula tersebut, sebahagian anak-anak juga terlihat bermain dengan mainan yang ada di aula tersebut.  Untuk memberikan rasa aman bagi warga yang mengungsi, pemerintah bersama pihak TNI dan Polri mengamankan lokasi rumah mereka yang terendam.

Lurah kelurahan Sei Mati, Irvan Jamal Zebua mengatakan, banjir yang menggenangi 750 kepala keluarga sudah mencapai 1 meter lebih dan pemerintah menfasilitasi para warga yang akan mengungsi di dalam aula kantor lurah, sampai nantinya banjir surut. Selanjutnya/ pemerintah akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mennagani banjir yang melanda kota Medan. (SB/AR)

 

 

 

 

 

 

Comments