Wali Kota Ziarahi TMP Bukit Barisan

Sentralberita|Medan~Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  berziarah keTaman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (10/8).  Ziarah dilakukan bersama sejumlah pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional 2018.

Sebelum ziarah dilakukan, sejumlah prosesi pun dilakukan. Diawali dengan penghormatan terhadap arwah para pahlawan yang dipimpin langsung Wali Kota sebagai pimpinan ziarah. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang juga dipimpin Wali  Kota, serta ditutup dengan pembacaan doa.

Setelah itu Wali Kota didampingi  Sekda Kota Medan Ir H Syaiful Bahri Lubis, sejumlah pimpinan OPD diantaranya  Kepala BKD dan SDM Setdako Medan Lahum Lubis, Staf Ahli Wali Kota Medan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sulaiman, Kabag Humas Ridho Nasution, Kabag Tata Pemerintahan Syahrul Rambe, Kabag Sosial dan Pendidikan Ahmad Raja beserta seluruh jajaran camat melakukan penaburan bunga.

Makam mantan Wali Kota Medan periode 1 April 1980-3 Maret 1990 H Agus Salim Rangkuti yang diziarahi Wali Kota pertama kali. Selain menaburkan bunga di atas pusara, juga diikuti dengan pembacaan doa. Setelah itu dilanjutkan dengan penaburan bunga di makam salah seorang veteran yakni HM Rizan.

Kemudian Wali Kota menziarahi sekaligus menaburkan bunga di makam mantan Gubsu periode 1988-1998 Raja Inal Siregar.  Lalu diteruskan dengan menziarahi dan menaburkan bunga di makam mantan Wali Kota Medan periode 3 Juli 1974-31 Maret 1980 yaitu AM Saleh Arifin.  Sedangkan yang terakhir kali diziarahi Wali Kota yakni makam salah seorang veteran A Rachman Ishaq.

Usai ziarah, Wali Kota mengatakan, pelaksanaan ziarah, tabur bunga dan pembacaan doa yang dilakukan tidak semata-sama  untuk memberikan penghormatan sekaligus bentuk rasa terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan  kusuma bangsa maupun veteran, tetapi juga sebagai bentuk perenungan .

 “Ziarah ini sebagai bentuk perenungan bagi kita, terutama para generasi muda selaku penerus masa kini maupun masa yang akan datang. Mereka harus mengetahui tentang betapa pentingnya patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan para pahlawan,” kata Wali kota.

Di samping itu lagi tambah Wali Kota, ziarah yang dilakukan ini juga mengandung makna yang sangat mendalam bahwasannya kemerdekaan sangatlah mahal harganya karena hasil  dari pergorban jiwa dan raga. “Untuk itulah melalui ziarah ini, kita senantiasa menghargai jasa para pahlawan sekaligus menjadikannya momentum  guna memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya. (SB/01/H)

Comments

Tinggalkan Balasan