Paskibra laksanakan Pengibaran Bendera di PTPN IV

Sentralberita|Medan~Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 73 Republik Indonesia di PTPN IV Kebun Balap, yang berada di Desa Kuala Batahan, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal berlangsung meriah dan berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.

Mengapa ? Hal tersebut dikarenakan pada Upacara tahun ini, pengibaran bendera dilaksanakan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) khusus, dimana pembentukan.Paskibra Kebun Balap ini di prakarsai oleh Manajer Kebun Balap Erwin Juliawan dan Asisten Kepala Tanaman Agustian Harianto.

Adapun maksud dan tujuan daripada pembentukan Paskibra ini ialah untuk mendorong semangat daripada karyawan itu sendiri dalam mencintai Bangsa dan Negara ini. Selain itu, tujuan dibentuknya Paskibra ini ialah agar suasana dan proses pengibaran bendera berlangsung lebih khidmat, serta berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.

“Kita bentuk paskibra ini tujuannya adalah agar karyawan tersebut lebih semangat dalam mencintai bangsa dan Negara ini, serta dengan adanya paskibra di Kebun Balap, maka proses pengibaran bendera akan berlangsung lebih khidmat serta berbeda dari tahun – tahun sebelumnya”, sebut Manajer Erwin Juliawan.

Paskibra Kebun Balap beranggotakan 16 orang, dimana anggota Paskibra tersebut diambil dari Karyawan Kebun Balap itu sendiri. Bertindak selaku pelatih paskibra adalah Kapt. Inf. Wariyan Diharjo yang merupakan perwira pengamanan (Papam) Kebun Balap, dibantu oleh Serma Hamdani dari Koramil 020/Batahan. Ke-16 anggota paskibra ini juga diberikan piagam penghargaan oleh Manajer Kebun Balap atas peran serta dan partisipasinya sebagai Pasukan Pengibar Bendera untuk Kebun Balap tahun ini.

Lokasi upacara pun berbeda dari pelakasanaan upacara biasanya. Upacara biasanya dilaksankan di Halaman Sentral Kantor Kebun Balap, namun kali ini dilaksanakan di Halaman Masjid Emplasmen Kebun Balap, dimana lokasi tersebut lebih luas, agar dapat menampung peserta upacara lebih banyak. Tampak jumlah peserta upacara yang hadir sekitar 350 orang yang berasal dari seluruh Bagian / Afdeling Kebun Balap.

Dalam kesempatan kali ini, PTPN IV dalam hal ini Manajer Kebun Balap Erwin Juliawan, Askep Tanaman Agustian Harianto, Asisten SDM Umum & Keamanan M. Isnandar Syahputra, Asisten Tata Usaha Herry Dermawan beserta dengan seluruh Karyawan Pimpinan Kebun Balap lainnya menyerahkan penghargaan masa kerja (jubileum) kepada 3 orang karyawan yang telah mengabdi lebih dari 20 tahun kepada perusahaan, yaitu Indra Pahlawan Harahap dan Basriyal Ismadi yang telah mengabdi selama 25 tahun, dan Marojahan Siagian yang memperoleh penghargaan pengabdian selama 20 tahun di PTPN IV.

Selain itu, PTPN IV juga memberikan penghargaan kepada pemanen terbaik semester I tahun 2018 untuk Kebun Balap sebanyak 3 orang dengan total nilai Rp. 10.000.000,-. Adapun pemanen terbaik pertama diraih oleh Khoiruddin Lubis dari Afdeling V yang menerima uang senilai Rp. 5.000.000,-. Pemanen terbaik kedua diraih oleh Hermansyah dari Afdeling IV yang menerima uang senilai Rp. 3.000.000,-. Pemanen terbaik ketiga diraih oleh Darto dari Afdeling II yang menerima uang senilai Rp. 2.000.000,-.

“Penghargaan ini diberikan kepada pemanen, adalah salah satu bentuk apresiasi perusahaan kepada pemanen, dimana pemanen adalah garda terdepan di dalam sebuah perusahaan perkebunan, sehingga pemberian apresiasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk pemanen lainnya dalam upaya menggali produksi khususnya di Kebun Balap. Perlu disampaikan juga bahwa penghargaan untuk pemanen terbaik ini tidak hanya di Kebun Balap, namun diberikan juga untuk seluruh Unit Kebun di PTPN IV”, tambah Manajer Erwin Juliawan.

Setelah selesai melaksanakan upacara pengibaran bendera, pemotongan nasi tumpeng oleh Manajer Kebun Balap secara simbolis dilanjutkan dengan makan bersama. Tidak sampai disitu, kegiatan pun dilanjutkan dengan berbagai macam kegiatan perlombaan, dari mulai tingkat anak – anak hingga dewasa. Peserta lomba pun berasal dari seluruh lapisan yang ada di Kebun Balap, baik itu Karyawan Pimpinan, Karyawan Pelaksana, anak karyawan, dan lainnya.

Diawali dengan jalan santai yang dilepas langsung oleh Manajer Kebun Balap, dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan lainnya. Ditengah teriknya matahari tidak menurunkan semangat peserta lomba dalam memeriahkan acara HUT RI ke 73 tahun ini. Kegiatan dihentikan ketika telah masuk waktu Sholat Jum’at, dan kembali dilanjutkan setelah Sholat Jum’at.

Upacara penurunan bendera juga dilaksanakan. Tepat pada pukul 18.00 WIB, Paskibra Kebun Balap melaksanakan upacara penurunan bendera. Dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba serta undian dari kupon lucky draw yang diberikan kepada seluruh peserta jalan santai. (SB/Diur)

Comments