Menag Imbau Umat Doa  Bersama Untuk Korban Gempa Lombok

Sentralberita|Jakarta~Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengimbau seluruh umat beragama untuk menggelar doa bersama ditujukan kepada para korbang gempa. Khusus, kepada  umat muslim diimbau melakukan doa dan shalat gaib.

“Kepada umat Islam, mari kita lakukan Salat Gaib untuk para korban wafat,” ujar Lukman dalam keterangan persnya, Senin (6/8/18).

Tak hanya itu, Lukman mengajak seluruh warga untuk menggalang bantuan dalam bentuk apapun, guna meringankan beban para korban gempa di Lombok dan sekitarnya.
“Dalam bentuk apapun (dukungannya) untuk meringankan beban derita yang dialami saudara-saudara kita yang terdampak langsung peristiwa gempa,”paparnya.

Sebelumnya, telah terjadi  gempa bumi di Lombok dan sekitarnya dengan kekuatan 7 SR pada Minggu (5/8/18). Update terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (6/8/18) pukul 04.00 Wita, jumlah korban yang meninggal dunia 82 orang.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh.

“Daerah yang terparah adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram,” kata Sutopo.
Kemudian, ada ratusan korban yang luka-luka dan sebagian dirawat di luar Puskesmas dan luar rumah sakit karena kondisi bangunan yang rusak. Dikhawatirkan akan terjadi gempa susulan. (SB/diur/01).

Comments

Tinggalkan Balasan