Kirab Api Obor Asian Games 2018 sampai di Sumut, Pj Gubsu : Momen Gelorakan Semangat Olahraga dan Promosi Wisata Daerah

Penjabat (PJ) Gubernur Sumatera Utara, Drs. Eko Subowo, MBA menerima Obor Asian Games 2018 di Pantai Bul Bul, Balige, Toba Samosir, Rabu (1/8). Api Obor ini akan diestafetkan ke Provinsi Riau setelah sebelumnya diterima dari Provinsi Aceh.

Sentralberita|Balige~ Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA didampingi Plt Ketua TP PKK Provsu Iit Kartika Eko Subowo menerima Api Obor Asian Games 2018 yang tiba di Pantai Bul Bul, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (1/8). Obor diserahkan Bupati Toba Samosir Darwin Siagian untuk disulutkan ke mini cauldron, setelah diarak dari Pantai Bebas, Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kedatangan Kirab (Torch Relay) Api Obor Asian Games 2018 disambut atraksi tarian Kumpu Nagasakti dan tari-tarian dari para pelajar SMA. Ribuan warga setempat dan para pendatang juga antusias menyaksikan peristiwa langka tersebut.

Pj Gubsu Eko Subowo mengatakan sangat berterimakasih atas kegiatan Torch Relay Api Obor Asian Games 2018 di Sumatera Utara. “Torch Relay merupakan penghargaan yang luar biasa bagi Pemprovsu, karena selain memberi energi baru bagi Sumut untuk menggelorakan semangat olahraga, juga menjadi moment untuk memperkenalkan ke mata dunia tentang destinasi wisata di Sumut, khususnya kawasan Danau Toba yang telah dinobatkan sebagai destinasi wisata nasional untuk dijadikan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG),” katanya.

Torch Relay ini sekaligus memperkenalkan potensi wisata Danau Toba, budaya dan kuliner, agar program sport tourism (wisata olahraga) yang sedang digelorakan dapat berkembang dengan baik. “Serta dapat mengeksplor sumber daya alam yang dimiliki Sumatera Utara,” jelas Eko.

Eko juga mengingatkan kembali kepada Pemkab Tobasa dan semua masyarakat di kawasan Danau Toba agar menjaga keindahan, keamanan dan kenyamanan, serta keramahtamahan sehingga wisatawan domestik maupun internasional ingin selalu datang berulang-ulang ke kawasan Danau Toba. “Mari dukung Kawasan Geopark Kaldera Toba menjadi UGG dimana tanggal 2 Agustus mendatang tim assesment dari UGG akan datang menilai,” katanya.

Dijelaskan juga, bahwa kontingen Sumut mengirim 21 atlet dan beberapa official dari 9 cabang olahraga yang akan membawa harum nama bangsa di event internasional ini. “ Kini mereka sudah berada di pelatnas,” ujar Eko.

Usai menyulutkan api obor ke mini cauldron, pihak Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Insagoc) mengalungkan medali emas untuk 7 atlet, diantaranya Elsa Mayora Nasution (perenang), Donny F Siregar (pemain sepak bola), serta Pangdam I BB  Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, Pj Gubsu Eko Subowo, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Wabup Tobasa Hulman Sitorus dan Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoli SIK.

Sebelumnya, Api Obor Asian Games tiba di Sumatera Utara (Sumut), melalui Bandara Kualanamu, Selasa sore (31/7). Api obor yang merupakan hasil penyatuan dari New Delhi India dan Mrapen, Jawa Tengah dalam sebuah tinder box (lentera) diarak melintasi sejumlah daerah kabupaten/kota di Sumut. Mulai dari Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Sedang Bedagai, Kota Tebing Tinggi, Kota  Pematang Siantar, Kota Parapat, dan Kabupaten Tobasa.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu Baharuddin Siagian SH merasa terkesan dengan penyambutan Kirab Obor Asian Games 2018. “Penyambutannya luar biasa, masyarakat di sini sangat antusias sekali menyambut rombongan kirab obor Asian Games 2018 sampai-sampai tempat ini (Pantai Bebas) di penuhi masyarakat,” katanya, sembari mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Simalungun dan masyarakat.

Bupati Simalungun, Jopinus Ramli Saragih juga merasa puas dengan penyambutan rombongan kirab obor Asian Games di daerahnya, dia juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang antusias untuk menyemarakkan event ini.

“Saya mengucapkan terimas kasih kepada masyarakat Simalungun karena acara penyambutan ini berlangsung meriah dan sukses. Semoga semangat Asian Games 2018 sampai kepada semua masyarakat,” katanya.

Salah satu pembawa Api Obor, Irjen Pol Alberto Simanjuntak yang mewakili Kepala BIN mengungkapkan rasa bangga dan terkesima atas sambutan masyarakat Sumut yang luar biasa. “Sebagai putra Sumatera Utara, terus terang saya sampaikan rasa bangga kepada masyarakat Sumut yang telah menjadi tuan rumah yang baik. Tentunya dukungan rakyat Sumut menjadi modal yang sangat penting bagi Indonesia agar sukses menjadi tuan rumah Asian Games ke 18,” ujarnya. (SB/Husni L)

Comments

Tinggalkan Balasan