DPRD Sumut Umumkan Edy-Musa sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Terpilih, Pj Gubsu Harapkan Proses Transisi Berjalan Baik

Sentralberita|Medan~ Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengharapkan agar calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut terpilih di Pilkada 2018, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dapat melayani masyarakat secara maksimal dan proses peralihan kepemimpinan nantinya bisa berjalan baik. Hal itu disampaikan usai pasangan tersebut diumumkan melalui Rapat Paripurna DPRD Sumut, Selasa (31/7).

Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Eko menyampaikan selamat atas terpilihnya pasangan tersebut untuk memimpin lima tahun ke depan, untuk periode 2018-2023. Dirinya berharap agar Gubernur-Wakil Gubernur Sumut terpilih nantinya melayani seluruh masyarakat tanpa melihat mana yang memberikan dukungan dan mana yang tidak. Sebab setelah selesai Pilkada, tegasnya, tidak ada lagi pengkotak-kotakan antara memilih calon A atau calon B.

“Dan masyarakat pun harus mendukung sepenuhnya, Gubernur dan Wakil Gubernur nantinya. Baik yang memilih maupun tidak memilih. Intinya mendukung Pemprov Sumut yang akan dipimpin Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” sebut Eko.

Sementara beberapa catatan menurut Eko, juga diminta dapat menjadi perhatian bagi Edy-Musa dalam menjalankan roda pemerintahan yang dimulai sejak keduanya dilantik. Hal tersebut yakni Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk lima tahun ke depan, sesuai visi misi saat berkampanye, dengan tetap memperhatikan prioritas yang ada dan sesuai RPJM-Nasional.

“Kemudian melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya konektivitas seperti jalan, jembatan, pelabuhan, bandara, penyeberangan, kereta api dan sebagainya. Karena ini sudah terbukti mempelancar arus barang dan jasa,” kata Eko.

Penekanan ini, lanjut Eko, setelah pihaknya menggelar rapat dengan tim pengendali inflasi daerah (TPID) Sumut di Jakarta beberapa waktu lalu. Menurutnya, perbaikan infrastruktur dapat membawa perbaikan pada kelancaran arus logistik atau barang dan jasa. Hal itu pula yang menjadi satu faktor penekan laju inflasi di daerah, yang kini berada pada angka satu digit.

“Kedua adalah sumber daya manusia (SDM). Jadi kalau ingin membangun suatu daerah maju di Indonesia ini, pertama prioritsanya harus infrastruktur. Karena kekayaan alam kita cukup melimpah. Jadi infrastruktur ini yang akan mempertemukan antara sumber daya alam (SDA) dengan SDM yang bagus untuk kemajuan di masa depan,” jelasnya.

Selain itu, Eko juga menyampaikan bahwa setelah pengumuman dan penetapan oleh DPRD Sumut, dirinya berencana akan bertemu dengan Edy-Musa untuk menyatukan pandangan dan persepsi tentang proses peralihan kepemimpinan yang dalam masa transisi ini. Sebab, Eko menginginkan agar tahapan dimaksud bisa berjalan lembut (smooth).

“Tentu kita akan berkoordinasi agar supaya terjadi proses transisi yang smooth, yang lembut, jadi masa peralihan yang baik. Supaya apa-apa saja yang saya lakukan nanti, benar-benar cocok dan bisa dilanjutkan  kedepan,” pungkasnya.

Dalam paripurna tersebut, Wakil Ketua DPRD Sumut Aduhot Simamora selaku pimpinan rapat menyampaikan pengumuman penetapan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut terpilih periode 2018-2023, yang selanjutnya menunggu keputusan pelantikan dari Presiden RI. (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan