Dalam Sebulan Ini Kebakaran Hutan Terus Melanda Riau

Sentralberita|Riau~Dalam sebulan ini, kebakaran hutan dan lahan terus melanda Riau. Padahal, Presiden Joko Widodo telah mewanti-wanti untuk melakukan pencegahan. Namun para pelaku pembakaran tampaknya tak jera meski ada beberapa yang ditangkap polisi.

Beberapa waktu, Kapolda Riau Irjen Nandang dimutasi ke Mabes Polri tanpa jabatan. Hal ini terjadi karena sebelumnya Jokowi mengingatkan kepada para petinggi Polri dan TNI untuk menjaga wilayahnya agar tak terjadi kebakaran hutan dan lahan karena adanya perhelatan Asian Games.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 140 titik panas atau hotspot, akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah kabupaten.

“Untuk titik panas di Kota Dumai mencapai 67 titik, sedangkan di Kabupaten Rokan Hilir terpantau 42 titik, Bengkalis ada 12 titik, Pelalawan 6 titik, Rokan Hulu 4 titik, Indragiri Hulu 4 titik, Kampar 1 titik dan Kuantan Singingi 1 titik,” ujar Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno, Minggu (19/8).

Dari 140 titik panas itu, ternyata ada 68 titik api yang terpantau BMKG. Titik api terbanyak terpantau di Dumai dengan 37 titik, selanjutnya 17 titik di Rokan Hilir dan Bengkalis enam titik.

“Untuk di Pelalawan ada dua titik api, Rokan Hulu dua titik, Indragiri Hilir tiga titik, dan Indragiri Hulu satu titik,” ucap Sukisno.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan, sebagai upaya tindak lanjut, pihaknya sudah menyebar personel baik di darat maupun melalui udara. Hal itu dilakukan untuk mematikan api yang membakar lahan dan hutan di Riau.

“Kami tetap bekerja melakukan operasi pemadaman di daerah yang terbakar. Tidak ada hari libur,” kata Edwar. (SB/MC/01)

 

Comments

Tinggalkan Balasan