Sungai Padang Tebingtinggi Tercemar!!! Diduga Limbah Sengaja Dibuang

Sentralberita | Tebingtinggi~Tidak hanya sekali bahkan  terjadi berulang-ulang  bahwa Sungai Padang Kota Tebingtinggi tercemar limbah pabrikan yang disinyalir datangnya dari wilayah Kabupaten Serdang Bedagai.

Diduga hal tersebut sengaja dibuang oleh oknum tak bertanggung-jawab hingga mengakibatkan rusaknya ekosistim sungai dan mengakibatkan terbunuhnya jutaan ikan didalamnya termasuk ikan ternak kerambah milik warga dan UKM Kota Tebingtinggi yang berada disepanjang aliran sungai.

Hal ini menyulut protes keras dan keresahan masyarakat yang diungkapkan Generasi Muda Kota Tebingtinggi kepada Walikota Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM melalui Kabag Humas PP didampingi Kadis Lingkungan Hidup Idham Khalid di Ruang Data I Komplek Kantor Dinas Walikota Jalan Sutomo, Jumat (13/7/2018).

Idham Khalid mengaku bahwa sumber air limbah yang mencemari Sungai Padang tidak berasal dari Kota Tebingtinggi. Namunpun begitu Dinas Lingkungan Hidup dan masyarakat bisa melaporkan kasus itu ke Polres Tebingtinggi dengan melalui proses prosedur penegakan hukum lingkungan mengacu pada UU Nomor 32 Th. 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan peraturan lainnya, terangnya.

“Upaya telah dilakukan dengan melaporkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sumatera Utara dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sergai dan menyertakan sampel air sungai yang diambil dari empat titik dan akan dikirim ke laboratorium propinsi bersama sampel ikan yang mati, “tegas Idham pada wartawan.

“Namun karena kasus ini terjadi antar daerah,maka akan menjadi kewenangan Dinas Lingkungan Hidup Propinsi yang dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Tebingtinggi dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sergai, “sambungnya.

“Kita selanjutnya akan berkoordinasi untuk menyelesaikan sengketa lingkungan ini”pungkas Idham. (SB/jontob)

Comments

Tinggalkan Balasan