Presiden RI : Tahun 2030 Narkoba Ancaman Terbesar Bangsa Indonesia

Sentralberita | Sergai~Sejumlah kasus narkoba beberapa tahun terakhir tampak mengejutkan bangsa Indonesia.Hal ini terlihat dari penyelundupan dan peredaran gelap narkoba yang masuk kedalam wilayah Indonesia yang tidak hanya terjadi diwilayah daratan,melainkan terjadi di wilayah perairan negara kita.

Demikian sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Bupati Kabupaten Serdang Bedagai ( Sergai ) pada Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional ( HANI ) Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2018 di Lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah,Kamis (12/7).

Masalah yang ditimbulkan oleh narkoba terus menggerogoti bangsa dari hulu sampai ke hilir,dari generasi ke generasi dan menjadi ancaman terbesar bagi bonus demografi bangsa kita pada tahun 2030 nanti.

Dalam mengatasi permasalahan narkoba  diperlukan strategi khusus,yaitu keseimbangan penanganan antara penegakan hukum dan pendekatan kesehatan.Pendekatan penegakan hukum bertujuan untuk memutus mata rantai pemasok narkoba mulai dari produsen sampai pada jaringan pengedarnya.Sedangkan pendekatan kesehatan bertujuan untuk memutus mata rantai para pengguna narkoba yang ketergantungan untuk mendapatkan perawatan atau rehabilitasi.

Selain kedua hal diatas,upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat harus dioptimalkan untuk turut serta aktip dalam menanggulangi permasalahan narkoba sehingga warga Negara kita dapat terlindungi dari bahaya penyalahgunaannya,sehingga akan melahirkan SDM yang sehat dan unggul untuk berperan dalam menghadapi globalisasi dan tantangan berbangsa dan bernegara.

Sesuai dengan thema HANI tahun 2018 dari United Nations Office Drugs anCrimes (UNODC) adalah “listen first,listening to children and youth is first step to help them grow healthy and safe”.Hal ini selaras dan sejalan dengan tema HANI Negara kita yaitu “ untuk menyatukan dan menggerakkan seluruh kekuatan bangsa dalam perang melawan narkoba untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat tanpa narkoba”.

Turut hadir Kapolres Sergai Akbp Juliarman Eka Pasaribu,S.Sos,SIK,M.Si,Kajari Jabal Nur,SH,MH,Kepala BNNK Sergai Drs.Adlin M Tambunan,Danramil Kecamatan Sei Rampah,kepala OPD,Camat dan ratusan ASN jajaran Pemkab Sergai.

Usai melaksanakan upacara,Bupati Sergai Ir.H.Soekirman didampingi jajaran BNN Kabupaten Sergai memasang stiker anti narkoba pada kenderaan yang melintas di Jalinsum Sei Rampah.(SB/jontob)

Comments