Menteri Perdagangan: Inflasi Indonesia Juni 2018 Paling Rendah dalam Lima Tahun Terakhir

Sentralberita|Mean~Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa berdasarkan rilis BPS, inflasi Indonesia pada Juni 2018 hanya berada di level 0,59 persen. “Dan ini adalah paling rendah dalam lima tahun terakhir,” katanya usai menjadi narasumber dalam Dialog Nasional Indonesia Maju di Medan, Kamis (5/7).

Enggartiasto menjelaskan bahwa meski meningkat dibanding Mei yang mengalami inflasi sebesar 0,21 persen, namun inflasi periode Juni 2018 sudah terbilang rendah. Apalagi pada Juni telah terjadi kenaikan permintaan menjelang Lebaran.

“Ini semua tak lepas dari koordinasi antar kementerian, termasuk petugas Kemendag yang langsung turun ke daerah-daerah untuk memantau harga pangan,” jelasnya.

Enggartiasto juga mengungkapkan bahwa Satgas Pangan yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi juga membawa pengaruh yang signifikan terhadap pengendalian harga hingga ke tingkat konsumen. Unit-unit di pemerintahan juga berkoordinasi cukup solid sehingga barang yang mengalami kenaikan permintaan tersedia sejak awal.

“Kunci utama pengendalian laju inflasi tahun ini terletak pada ketersediaan pasokan. Jauh hari sebelum Ramadan dan Lebaran, pihaknya telah memastikan pasokan pangan cukup untuk melayani kebutuhan masyatakat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Mendag sangat optimistis bahwa laju inflasi Indonesia hingga akhir tahun bisa dipertahankan dalam kisaran sasaran 3,5 persen samapi lebih kurang 1 persen.

“Koordinasi akan terus dilakukan, baik BI, pemerintah, satgas pangan dan pemangku kepentingan lainnya,” pungkas Enggartiasto. (SB/AR).

 

Comments