Menarik Minat Baca,  Badan Perpustakaan dan Arsip Pemprovsu Gelar Pameran Buku 1 Agustus

sentralberita|Medan~Untuk menarik minat baca masyarakat Sumatera Utara (Sumut), Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bekerjasama dengan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) menyelenggarakan gelar buku, budaya dan tekhnologi. Pagelaran Pameran tersebut merupakan pameran buku yang terbesar di Sumut. Hal tersebut diungkapkan, Kadis Perpustakaan dan Arsip Pemprovsu Ferlin Nainggolan kepada wartawan, Kamis, (05/07).
Menurut Ferlin, Sumut dan Padang merupakan kota literasi pembaca tertinggi di Indonesia. Untuk menarik minat baca tersebut, pameran buku ini digelar pada tanggal 01 hingga 05 Agustus 2018 mendatang di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemprovsu dan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 19.00 malam, terang Ferlin.
“Pagelaran budaya minat baca ini akan dilaksanakan setiap tahun,  dan untuk tahap pertama akan digelar di lima kota. Pagelaran ini buku, budaya dan teknologi ini akan didukung Ikapi dengan mengajak dan bekerjasama dengan 75 penerbit. Disamping itu, panitia juga akan mengajak universitas, sekolah, komunitas dan perpustakaan dan lainnya, sehingga diharapkan pagelaran ini jauh lebih ramai dari taahun-tahun sebelumnya”, ujar Ferlin.
Sementara itu, Ketua Ikapi Pusat Bien Pasaribu menyatakan, sangat antusias atas penyelenggaraan pagelaran minat baca ini. Sebab, banyak kawula muda yang harus dijangkau untuk respek terhadap minat baca.
“Ikapi pusat akan mengikutsertakan penerbit dan mendatangkan penulis yang handal. Sebab, dengan dihadirkannya penulis maka bagi yang ingin menulis buku akan mengetahui cara menulis buku yang benar”, ujar Bien Pasaribu.
Selanjutnya, disebutkan Bien, dalam pagelaran buku tersebut selain minat baca buku, akan diadakan lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK, lomba mewarnai tingkat SD dan lomba mewarnai. Untuk tingkat SMP diselenggarakan lomba menggambar dan tingkat SMA lomba melukis poster, sebutnya.
Dalam pagelaran tersebut, para pengunjung akan diberikan potongan besar untuk membeli buku. Penerbit buku juga memberikan potongan harga khusus,  mulai dari rabat 20 persen hingga 70 persen. Penerbit juga menyedikan bukubdengan harga spesial dimulai dengan harga Rp. 5 ribu sampai Rp. 25 ribu. (sb/lin)

Comments