Terinspirasi Kemenangan PM Malaysia Mahathir Mohamad, KUM Deklarasikan Amien Rais Capres

Sentralberita-Jakarta-Koalisi Umat Madani (KUM) mendeklarasi Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais untuk maju sebagai calon presiden 2019.

Pencalonan Amien yang digagas oleh Ketua KUM yang juga eks Menteri Dalam Negeri era Soeharto, Letjen TNI (Purn) Syarwan Hamid dan Sekjen KUM Nuraini Bunyamin ini terinspirasi kemenangan PM Malaysia Mahathir Mohamad.

Namun, salah satu Peneliti Indonesian Watch for Democracy (IWD) Abi Rekso menilai PAN seharusnya lebih dahulu mendeklarasi Amien sebagai capres daripada KUM.

“Gerakan non-partai yang berbasis Islam sudah mendaulat Amien Rais sebagai pimpinannya. Harusnya PAN bercermin, jika sampai hari ini belum mengusung Amien Rais. Jika tak mau kehilangan suara Muhammadiyah,” tukas Abi Rekso, Sabtu (30/6/2018).

Abi mengingatkan, PAN untuk bercermin dan menghargai kinerja Amien Rais dalam suksesi Pilkada. Amien Rais, kata dia, orang yang seharusnya PAN usung sebagai pemimpin umat dan rakyat, bukan Zulkifli Hasan atau Hatta Rajasa. Menurut Abi, Hatta Rajasa sudah terbukti gagal, jadi tidak perlu diusung kembali.

Kemudian Zulkifli Hasan dianggap tidak mendapat dukungan penuh dari loyalis Hatta Rajasa. Jika Zulkifli gagal, maka resiko PAN bubar juga akan besar. PAN akan tergerus dari dalam. Karena gagalnya konsolidasi internal.

Hanya Amien Rais yang bisa mengandeng kedua kelompok itu. Selain Amien Rais adalah pendiri, dia sosok panutan dalam kalangan PAN dan Muhammadiyah.

“PAN mestinya malu, tokoh sentral dan kader terbaik partai mereka di usung lebih dulu oleh kelompok lain. Muhammad Amien Rais (MAR) orang paling kuat hadapi jokowi. PAN harus segera deklarasikan MAR, jika tidak, takut kualat dijauhi ummat” jelas Abi-SB-01/MC

Comments

Tinggalkan Balasan