Pilgubsu, Pilbup, Pilwalkot ‘Memanggil’ Kita…

Oleh: Yonge L. V. Sihombing, SE, MBA

sentralberita| Medan~Pilgubsu, Pilbup Langkat, Deli Serdang, Dairi, Batubara, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Pilwalkot Kota P. Sidempuan telah ‘memanggil’ kita untuk hadir ke TPS, besok, Rabu, 27 Juni 2018, Pukul 07.00 s/d 13.00 WIB.

Surat ‘Panggilan’ atau Surat Undangan atau Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara kepada Pemilih telah disampaikan oleh saudara/i kita, Petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), kepada kita masing masing, dengan cara menghantar langsung ke rumah kita masing masing.

Di dalam Surat ‘Panggilan’ (Formulir Model C6 KWK), telah disampaikan beberapa informasi penting kepada pemilih, antara lain: (1). Nama Pemilih, No. Urut dalam DPT, NIK/Identitas lain,

Hari/Tgl/Bulan/Tahun/Jam. (2). TPS, No. Urut Pemilih, Desa/Kelurahan, Alamat TPS. (3) Tata Cara Pemberian Suara (mencoblos pada nomor urut atau nama calon). (4) Kewajiban pemilih untuk membawa dan menunjukkan KTP Elektronik dan Surat Keterangan Disdukcapil kepada Petugas KPPS pada saat hadir ke TPS, dan memberikan kemudahan kepada Pemilih disabilitas. (5). Peringatan untuk taat pada aturan (setiap orang dengan sengaja mengaku dirinya sebagai orang lain untuk menggunakan hak pilihnya, atau memberikan suaranya lebih dari 1 kali, dipidana dengan pidana sesuai Pasal 178A dan Pasal 178B Undang-Undang 10 Tahun 2016).

Surat ‘Panggilan’ atau Surat Undangan yang disapampaikan oleh saudara/i Kita, adalah identik dengan sebuah surat Surat Undangan Pesta, yaitu Pesta Demokrasi, Pesta dari Kita, oleh Kita, dan untuk Kita. Artinya, bahwa kesuksesan acara pesta demokrasi adalah kesuksesan kita semua warga di Sumatera Utara.

Oleh karena itu, Surat ‘Panggilan’ atau Surat Undangan Memilih kepada Pemilih yang telah disampaikan oleh saudara/i kita Petugas KPPS, patut kita syukuri, patut kita hargai, dan patut kita hormati. Karena Petugas KPPS adalah saudara/i Kita yang telah dipercaya dan diberi tugas untuk menyampaikan undangan pesta demokrasi yang mulia dan terhormat.

Oleh karena itu, sebagai warga negera yang baik, warga sumut yang baik, marilah kita hadir untuk memenuhi undangan tersebut, dengan penuh damai dan sukacita, tertib, disiplin waktu, dan bebas untuk membuat pilihan.

Marilah kita, Warga Sumut, Deli Serdang, Langkat, Batubara, Dairi, Taput, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Padang Sidempuan yang tercinta, menjadikan pilgubsu, pilbup, pilwakot sebagai sarana untuk membangun semangat kebersamaan, kekeluargaan, kerukunan, serta menjadikannya sebagai momentum membangun semangat untuk membangun daerah ke arah yang lebih baik lagi.

Marilah Kita, warga Sumut mempercayakan, mendukung, dan mendoakan, agar seluruh penyelenggara pilgubsu, pilbup, pilwalkot, mulai dari KPUD, Panwaslu, Pemda, TNI Polri, disemua tingkatan dapat melaksanakan tugasnya masing masing dengan sebaik-baiknya.

Akhirnya, Marilah Kita seluruh warga Sumut berdoa bersama, agar seluruh warga Sumut, Penyelenggara, dan seluruh paslon pilgubsu, paslon pilbup, dan pilwalkot, dan para pemangku kepentingan senantiasa dalam keadaan sehat sehat selalu, dan cuaca esok Rabu,27 Juni 2018, cerah dan indah. (Penulis adalah calon anggota DPR RI dari PKB)

Comments