Hasil Survei  Indobarometer Terbaru, Djarot-Sihar Ungguli Edy Rahmayadi-Musa Rajeck Shah

sentralberita| Medan~ Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) nomor urut 2, mengungguli Edy Rahmayadi-Musa Rajeck Shah (Eramas) nomor urut 1, beberapa hari menjelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 27 Juni 2018.

‘’Ini hasil suvei Indobarometer terbaru, Djarot-Sihar unggul,’’ ucap Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari di  hotel  santika Kota Medan, Selasa (12/6/2018).

M Qodari mengungkapkan bahwa survei dilakukan dilakukan pada 26 Mei-2 Juni 2018 mengambil 800 sampel yang tersebar di 33 Kabupaten/Kota Sumatera Utara dengan metode multistage random sampling dengan teknik wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin error lebih kurang 3.46 persen.

Dalam hasil survei Indobarometer, tingkat elektabilitas pasangan Djarot-Sihar unggul tipis 37.8 persen dibandingkan pasangan Edy-Ijeck yang memperoleh tingkat Elektabilitas 36.9 persen dan masyarakat yang belum menentukan pilihan sebesar 25.4 persen.

Berdasarkan data yang disampaikan M Qodari, kedua paslon ini mengalami peningkatan elektabilitas dari hasil survei sebelumnya yang dilakukan oleh Indobarometer pada bulan Februari lalu. “Dari hasil survei yang kita lakukan pada bulan Februari lalu Edy-Ijeck mengalami tren peningkatan dari hasil survei Februari 25.8 persen meningkat menjadi 36.9 persen atau meningkat 11.1 persen,” ujarnya.

Sementara itu pasangan Djarot Sihar yang sebelumnya tingkat elektabilitasnya 26 persen meningkat menjadi 37.8 persen atau mengalami peningkatan 11.8 persen.

Qodari juga menambahkan penentu kemenangan pemilihan Gubenur Sumatera Utara ini akan ditentukan langsung melalui kerja-kerja yang dilakukan masing-masing paslon dimasa-masa akhir kampanye. “Jadi siapa yang kampanye lebih intens di saat-saat terakhiri akan keluar menjadi pemenang pemilihan Gubernur Sumatera Utara,” ujarnya. (SB/Husni L).

Comments