Grup A Piala Dunia, Timnas Uruguay Jaga Peluang ke 16 Besar

sentralberita| Jakarta~Timnas Uruguay meraih kemenangan dramatis atas Mesir dalam laga penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, Jumat (15/6/2018). Jose Gimenez jadi bintang karena menjebol gawang Mesir pada menit ke-90.

Hasil ini membuat Uruguay menjaga peluang lolos ke babak 16 besar karena sudah mendulang tiga poin. Namun Uruguay menempati urutan kedua klasemen sementara karena kalah selisih gol dari tuan rumah, Rusia, yang sehari sebelumnya menang 5-0 atas Arab Saudi.

Dengan demikian, bila pada laga kedua, Rabu (20/6), Uruguay menang atas Arab Saudi, maka mereka hampir pasti meraih tiket ke babak selanjutnya. Demikian juga dengan Rusia, yang pada hari yang sama bertemu Mesir.

Uruguay tampil sangat dominan. Ball possession 56 persen menjadi bukti Luis Suarez dan kawan-kawan terus mengontrol jalannya pertandingan. Namun, rapatnya barisan belakang Mesir membuat peraih dua gelar Piala Dunia ini kesulitan mencetak gol.

Selain itu, penampilan gemilang kiper Mesir, Mohamed El Shenawi, membuat para pemain Uruguay frustrasi. Kiper berusia 29 tahun ini membuat beberapa penyelamatan gemilang, termasuk menepis tendangan voli Edinson Cavani pada menit ke-83.

Tiang gawang juga ikut membuat Uruguay tak bisa mencetak gol ketika ada peluang emas pada menit ke-89. Bola tendangan bebas Cavani yang tak bisa dihalau membentur tiang gawang.

Usaha dan serangan beruntun Uruguay membuahkan hasil pada menit ke-89. Jose Gimenez dengan jeli memanfaatkan umpan Carlos Sanchez karena bola sundulannya mengoyak jala Mesir.

Setelah itu, ada tambahan waktu lima menit. Selama kurun waktu tersebut, tak ada gol yang tercipta sehingga hasil 1-0 untuk Uruguay menjadi akhir dari laga ini.

Susunan pemain Mesir vs Uruguay:

Mesir: (4-2-3-1) 23-Mohamed El Shenawi;7-Ahmed Fathi, 2-Ali Gabr, 6-Ahmed Hegazy, 13-Mohamed Abdel-Shafy; 17-Mohamed Elneny, 8-Tarek Hamed (Sam Morsy 50′), 22-Amr Warda (Ramadan Sobhi 82′), 19-Abdalla El Said, 21-Trezeguet, 9-Marwan Mohsen (Mahmoud Kahraba 63′)

Pelatih: Hector Cuper

Uruguay: 1-F. Muslera; 22-Martin Caceres, 3 Diego Godin, 4-Guillermo Varela, 2-Jose Gimenez; 15-M. Vecino (Lucas Torreira 88′), 6-Rodrigo Bentancur 10-Giorgian De Arrascaeta (Cristian Rodriguez 59′), 8-Nahitan Nández (Carlos Sanchez 58′); 9-Luis Suarez, 21-Edinson Cavani (SB/Kom)

Comments