Cek Kesiapan Fisik Kenderaan Mudik, 280 Layak, 8 Tidak

Sentralberita|Medan-Balai pengelola tranportasi darat provinsi Sumatera Utara bersama Dinas Perhubungan (dishub) kota Medan dan Satlantas Polrestabes Medan melakukan pemeriksaaan kelaikan atau kesiapan fisik kendaraan angkutan mudik. Pemeriksaan kendaraan dilakukan di terminal terpadu Amplas Medan. Sebanyak 288 bus telah dilakukan pengecekan, hasilnya 97 persen atau 280 kendaraan layak digunakan untuk angkutan mudik, sementara 8 kendaraan tidak layak

Kamis (7/6/2017) sore, melakukan pemeriksaaan kelayakan atau kesiapan fisik kendaraan angkutan mudik. Pemeriksaan kendaraan dilakukan di terminal terpadu Amplas Medan. Pengecekan fisik tersebut dilakukan secara detail, mulai dari lampu/ klakson, persneling, rem, gas, stir, ban dan lainnya. Bahkan petugas juga langsung mencoba sendiri angkutan mudik apakah benar-benar layak digunakan atau tidak, tak hanya pengecekan kendaraan, sopir serta penumpang juga turut dilakukan pemeriksaan dengan dites urine dan sejauh ini belum ada ditemukan.

Sebanyak 288 bus angkutan kota antar provinsi (akap) telah dilakukan pengecekan,hasilnya 97 persen atau 280 kendaraan layak digunakan untuk angkutan mudik, sementara 8 kendaraan tidak layak dan tidak diizinkan mengangkut penumpang,sementara bus angkutan kota dalam provinsi berjumlah 1.937 unit dan telah dilakukan pengecekan sebanyak 639 unit dan hasilnya 8 unit tidak layak dan harus diperbaiki untuk nantinya dipergunakan lagi sebagai pengangkutan mudik.

Kepala Balai Pengelola Tranportasi Darat Sumut, Sri Hardianto mengatakan, total bus akap yang digunakan untuk mudik lebaran tahun ini berjumlah 615 unit. Dari jumlah tersebut/ sebanyak 288 bus telah dilakukan pengecekan, hasilnya 97 persen atau 280 kendaraan layak digunakan untuk angkutan mudik. Sementara 8 kendaraan tidak layak,sedangkan bus AKDP berjumlah 1.937 unit, dari jumlah bus  tersebut yang sudah dilakukan pengecekan sebanyak 639 unit dan hasilnya 8 unit tidak layak.

Pengecekan kesiapan fisik armada angkutan mudik ini terus dilakukan sampai h+8 lebaran, sejauh ini total kendaraan yang sudah dicek sekitar 36 persen, sisanya menyusul secara bertahap untuk dilakukan pengecekan.

Sementara itu,Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP M Saleh mengharapkan para sopir dapat tertib berlalu lintas membawa angkutan mudik, dengan melihat kesiapan kondisi angkutan mudik ditambah tertib berlalu lintas harapannya tidak terjadi kecelakaan. (SB/AR)

Comments

Tinggalkan Balasan