Sumut Bersyukur Ditetapkan Menjadi Tuan Rumah PON 2024 bersama Aceh

Bersukur Sumut-Aceh menjadi tuan rumah PON 2024 (f-SB/Husni L)

Sentralberita| Medan~Sumatera Utara bersyukur dipercaya menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh yang telah ditetapkan pada tanggal 24 April 2018, setelah meraih dukungan 24 suara KONI Povinsi se-Indonesia. Rasa syukur ini disampaikan pihak Dinas Dispora Sumut dan KONI Sumut dalam suatu pertemuan wartawan, Rabu (2/5/2018) di kantor Dispora Sumut Jalan Pancing Medan.

Hadir dalam pertemuan itu, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian dan jajarannya, ketua KONI Sumut Jhon Ismady Lubis dan jajarannya, pembina dan penasehat antara lain Muchyan Tambuse, Nurdin Lubis dan juga hadir Ketua PWI Sumut H. Hermansyah, SE.

Temu wartawan atas terpilihnya menjadi tuan rumah (f-SB/Husni L)

Rasa syukur ini diucapkan Kadispora Sumut dan Ketua KONI Sumut sebagai ungkapan rasa bangga setelah puluhan tahun Sumut tak pernah menjadi tuan rumah. Demikian pula untuk mendapatkan tuan rumah itu penuh perjuangan. Bahkan menurut Jhon Lubis ide untuk menjadi tuan rumah dan berjuang itu sejak tahun 2015, tahun 2016 baru menjadi kesepakatan KONI Sumut dan baru tahun 2017 baru menjadi kesepakatan pemerintah di Sumatera Utara,”ujar Jhon.

Seraya menceritakan suka duka mereka berjuang untuk menjadi tuan rumah, bahkan penuh ketegangan detik-detik keputusan, Jhon menegaskan sama sekali tidak ada main duit untuk bisa menjadi tuan rumah.

“Setelah menjadi tuan rumah, PON di Sumut menjadi tanggung jawab pemerintah, KONI Sumut hanya berjuang untuk bisa menjadi tuan rumah,”ujar Jhon seraya menyampaikan segala syarat dan mekanisme pelaksanaan nantinya dari PB PON.

Tuan rumah Sumut-Aceh telah dibagi tempat cabang yang dipertandingkan, untuk Aceh 28 cabang olahraga sedangkan pelaksanaan di Sumut 28 cabang olahraga.

Sementara Kadispora Sumut Baharuddin Siagian dalam pertemuan itu menyampaikan obsesinya kelak di Sumut punya stadion bertarap internasional. Sementara venues-venues akan ditingkatkan berkualitas. Pihaknya nantinya berupaya memasukkan ke anggaran secara bertahap paling tidak pada tahun 2019 sudah ada yang dikerjakan, katanya.

Terkait upaya meningkatkan atlet berprestasi di Sumatera Utara bisa didongkrak melalui PPLP yang nantinya bisa di PON 2024 dan berharap para alumni PPLP akan terus dilakukan pembinaan.(SB/Husni L)

Comments