Menjaga Kecantikan Perempuan Secara Islami

lustrasi kecantikan

Sentralberita| Jakarta~Islam sebagai rahmatal lil alamin memberikan kedamaian terhadap pemeluknya. Termasuk keindahan dan kecantikan akan terwujud manakala diikuti amalan-amalan kebaikan dari anjurannya.

Tapi sebenarnya, daya tarik wanita tidak hanya terlihat dari segi fisik. Karena cantik sesungguhnya adalah yang terpancar dari dalam diri atau hati. Cantik dari hati akan mampu mengalahkan pesona fisik. Perempuan muslimah akan lebih cantik jika hal ini dilakukannya:

1. Berwudhu setiap saat
Wudhu tidak hanya membersihkan batin manusia, tapi juga membersihkan fisiknya. Semua kotoran yang menempel di wajah, tangan, kaki akan lenyap saat dibasuh oleh air wudhu.

Seorang wanita yang bersih dari najis dan kotoran akan terlihat indah, cantik dan menawan. Tak cuma itu, wajahnya juga akan memancarkan keanggunan.

2. Puasa sunnah
Puasa tidak hanya berpahala bagi yang mengerjakan, melainkan akan membuat tubuh dan jiwanya terlindung dari berbagai penyakit yang kerap kali masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Puasa membuat seseorang mampu menahan diri dari segala godaan dan juga emosi.

Karena, orang yang mampu mengendalikan diri akan terlihat ceria dan murah senyum. Meski begitu, tidak boleh puasa dengan niat untuk diet atau lainnya. Niatkan puasa karena Allah SWT.

3. Membaca Basmalah

Terkait hal ini Rasulullah SAW bersabda, “Setiap perkara penting, jika tidak dimulai Basmalah, maka perkara itu tidak akan membawa berkah,”.

Maka dengan membaca Basmalah, Allah akan menyelamatkan dari sesuatu yang mungkin terdapat dalam makanan dan minuman tersebut. Bisa saja makanan dan minuman yang akan disantap mengandung zat berbahaya bagi kesehatan fisik.

4.Makan Makanan Halal
Dengan makan makanan yang halal makan tubuh akan sehat. Sesuatu yang menyehatkan pasti akan membuat tubuh bisa berfungsi normal dan seimbang.

Jika tubuh wanita sehat, maka dia akan tampak ceria dan segar. Apalagi diselimuti keberkahan dari Allah.

5. Tidak Makan Berlebihan
Allah tidak menyukai hambanya yang bersifat berlebih-lebihan. Begitu pula dengan makan, karena baiknya makan itu sesuai dengan kebutuhan atau porsi.

“Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,”. (QS Al Araaf).

Selain itu, makan berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Sehingga akan mendatangkan berbagai penyakit dan kelebihan berat badan. Dengan demikian tentu akan mengurangi kecantikan seorang wanita. Umar bin Khattab berkata,

“Janganlah kalian makan dan minum terlalu kenyang, karena dapat merusak tubuh dan mendatangkan penyakit serta menyebabkan kemalasan dalam menjalankan salat. Hendaklah kalian sederhana dalam makan dan minum. Sebab, yang demikian itu lebih baik bagi tubuh dan jauh dari pemborosan. Allah sangat membenci orang yang besar dan terlalu gemuk. Dan tidaklah seseorang akan celaka sehingga dia mendahulukan syahwat atas agamanya,”. (SB/mc)

Comments

Tinggalkan Balasan