Ini Manfaat Mandi dengan Air Panas

Sentralberita|Jakarta~ Mandi dengan air panas memiliki banyak manfaat. Ini Beberapa fakta keuntungan mandi dengan air panas.

Air panas yang beruap ternyata bermanfaat untuk membuka seluruh pori-pori kulit. Dengan begitu, segala kotoran yang mengendap di sana bisa dibilas dengan lebih bersih tanpa khawatir tertinggal. Tapi jangan lupa untuk kembali menyiram kulit dengan air dingin. Tujuannya supaya pori-pori kembali mengecil.

Melancarkan Peredaran Darah

Inilah salah satu penyebab mengapa badan jadi lebih segar setelah mandi air hangat, yaitu karena peredaran darah jadi lebih lancar. Dipercaya bahwa air hangat membuat kinerja pembuluh darah yang mengandung oksigen ke otak jadi lebih maksimal. Otak yang bekerja dengan baik akan membuat organ-organ lain bekerja dengan lebih baik.

Meredakan Stres

Sedang banyak pikiran sepulang kerja? Jangan disimpan berlama-lama. Langsung pergi ke kamar mandi dan nikmati segarnya air panas. Bakal lebih baik lagi kalau berendam berlama-lama di air yang hangat sambil bersantai, yang akan melebarkan nadi, melancarkan peredaran darah ke otak, yang membuat tubuh jadi lebih rileks dan segar.

Menyehatkan Jantung

Air panas dipercaya melancarkan sirkulasi peredaran darah, di mana jantung sebagai alat yang memompa cairan merah ini ke seluruh tubuh. Dengan pembuluh darah yang lebih terbuka karena air hangat, aliran darah pun juga lebih lancar, yang membuat jantung jadi lebih sehat dan maksimal dalam melakukan tugasnya.

Membantu Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Kelelahan sering kali mendatangkan masalah baru, yaitu sulit tidur di malam hari, atau insomnia. Padahal tubuh membutuhkan istirahat cukup agar memiliki energi untuk aktivitas di esok hari. Bila mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk mandi air hangat sebelum istirahat. Otot yang terasa lebih rileks setelah mandi akan membantu memberikan tidur yang lebih nyenyak.(SB/mc)

Comments

Tinggalkan Balasan