DPRD Nilai Pembentukan Pengawasan Orang Asing Terlambat

Sentralberita|Medan~Meski terlambat, pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) di seluruh kecamatan di kota Medan yang dilakukan  Pemerintah Kota (Pemko) Medan dan Kantor Imigrasi Klas I Khusus Medan, dinilai Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Medan, Hasyim SE hal tersebut sangat berguna dan pihaknya mendukung penuh langkah tersebut.

“Ya! Kita apresiasi pembentukan ­dan pengukuhan Tim Pora Kecamatan. Dia ber­harap, Tim Pora berjalan efek­tif mengawasi kebe­radaan dan kegiatan orang asing di keca­ma­tan masing-masing, ” katanya kepada wartawan di Medan, Senin 14 Mei 2018.

Kata Ketua DPC PDI Perjuangan Medan ini, Keberadaan tim ini sangat efektif mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing, sebab pihak kecamatan mulai kelurahan sampai lingkungan merupakan orang yang paling tahu ten­tang keberadaan orang asing di wila­yahnya.

“Apa yang dilakukan Pemko Medan sebuah langkah yang positif, tapi pembentukan tim Pora ini sangat terlambat dilakukan.Kenapa tidak dilakukan jauh sebelumnya saat persoalan orang asing terutama para pengungsi dari beberapa negara sudah memasuki Kota Medan,”ucapnya.

saat ini keberadaan orang asing sudah membanjiri setiap lingkungan ,sehingga dibutuhkan kepekaan seluruh stakeholder.

” Fakta nyata kita lihat saja dibeberapa lingkungan yang ada para pengungsi atau orang asing sudah dengan bebas tinggal berbaur dilingkungan masyarakat.Jangan sampai ini menimbulkan kecemburuan sosial bagi masyarakat kita jadi peran penting stake holder sangat dibutuhkan,” kata Hasyim.

 

Sebelumnya Pemko Medan dan Kantor Imigrasi Klas I Khusus Medan bekerja sama mem­­bentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) di seluruh kecamatan di Kota Medan.Tim ini diben­tuk guna mem­per­mudah pe­nga­wasan keberada­an mau­pun kegiatan orang asing.

Pembentukan dan pengu­ku­han Tim Pora juga diikuti Kota Binjai, Kabu­paten Deliser­dang, Langkat, Karo serta Ser­dang Bedagai. (SB/Husni L)

Comments

Tinggalkan Balasan