Wiranto: Ancaman Siber Sama dengan Terorisme

Sentralberita| Jakarta~ Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan setiap dirinya kunjungan ke negara lain selalu bicara bagaimana semua pihak secara bersama-sama menangani pengamanan siber.

Menurut dia, ancaman siber sama dengan terorisme. Ancaman siber tidak mengenal batas negara dan tidak taat pada regulasi negara manapun.

“Dia bisa lintas negara maka tidak ada ‘single state’ yang sendirian mampu mengatasi ancaman siber, tidak mungkin, kayak terorisme,” tegas Wiranto.

Ia menegaskan ketika pejabat di lingkungan Kemenko Polhukam pergi keluar negeri ke suatu negara dalam rangka membahas keamanan nasional masing-masing negara, selalu dibicarakan keamanan regional dan global karena penanganan masalah itu memerlukan kerja sama.

“Saya baru saja pulang dari Rusia, sebelum saya ke Singapura ini mengikuti rombongan Presiden untuk pertemuan ASEAN,” katanya.

“Tidak ada ‘single state’ yang sendirian mampu mengatasi ancaman siber, tidak mungkin. Perlu kerja sama regional dan global untuk mengatasi ancaman siber dan terorisme,” kata Menko Polhukam Wiranto di sela Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Singapura, Sabtu (28/4/2018). (SB/mc)

Comments

Tinggalkan Balasan