Tapteng Didukung Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi 2019

Sentralberita| Tapteng~ Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung mendukung Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2019. Hal itu sesuai harapan dan permintaan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.
“Melihat antusias dan banyaknya warga yang hadir di MTQ ini, serta solidnya berbagai pihak yang saling mendukung untuk suksesnya acara ini, saya semakin yakin, bahwa Tapteng pantas menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi tahun depan. Kepada Kepala Biro Binsos dan kepala dinas terkait tolong ingatkan agar tahun 2019, MTQ tingkat provinsi dapat dilaksanakan di Tapteng,” ujar Wagubsu Nurhajizah Marpaung dalam sambutannya, ketika menutup secara resmi pelaksanaan MTQ ke 44 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kabupten Tapteng di Barus, Minggu (8/4) malam.
Dihadapan ribuan warga yang hadir, Wagubsu juga menyampaikan apresiasi atas kekompakan dan kerjasama yang baik antara Pemkab Tapteng, Forkopimda dan berbagai pihak terkait lainnya untuk mensukseskan acara MTQ dan FSQ. Karena, menurutnya, pelaksanaan MTQ penting sebagai wahana untuk membangun generasi penerus bangsa yang berkualitas, yang paham terhadap nilai-nilai AlQuran dan hadits.
“MTQ merupakan momentum yang baik untuk membangkitkan semangat dan kesadaran umat Islam, terutama generasi mudanya, untuk membaca, mempelajari, dan mengamalkan petunjuk Allah SWT yang terhimpun dalam lembaran-lembaran mushaf Al-Quran yang senantiasa terjaga sepanjang zaman,” ujarnya, sembari menyampaikan permohonan maaf dan pesan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi yang tidak hadir.
Nurhajizah juga mengingatkan agar Pemkab Tapteng dan Pemko Sibolga terus mempertahankan kekompakan dan kesolidan yang sudah berlangsung selama ini. Bahkan perlu ditingkatkan lagi, agar kedepan, kedua daerah ini dapat menjadi daerah terbaik dan menjadi percontohan bagi daerah lainnya.
Sebelumnya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan dalam sambutannya, agar tahun depan Tapteng dapat menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi. “Kepada ibu Wakil Gubernur, saya memohon agar tahun depan Tapteng dapat menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi. Kami sudah siap untuk melaksanakannya dengan lebih meriah lagi,” ujar Bakhtiar.
Tidak hanya kekompakan dan kesolidan antara Pemkab dan Forkopimda serta warganya, tetapi toleransi umat beragama yang harmonis selama ini, juga yang membuat Bakhtiar optimis Tapteng mampu menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi. “Toleransi antar umat beragama di Tapteng sangat baik. Tidak pernah terjadi gesekan, bahkan turut hadir di acara MTQ dan FSQ malam ini bapak pendeta,” ungkapnya.
Bakhtiar juga mengapresiasi atas perhatian dan dukungan Pemprovsu terhadap pembangunan di Tapteng. Diantaranya telah menggelontorkan anggaran dari APBD Sumut untuk pembangunan jalan dan jembatan, serta berbagai infrastruktur lainnya. “Terimakasih atas dukungan anggaran dari Pemprovsu terhadap pembangunan jalan dan jembatan di daerah ini. Termasuk jembatan yang menghubungkan 3 desa, yang selama ini tidak bisa dilalui mobil atau kendaraan roda empat,” ungkapnya.
Sementara itu, acara penutupan MTQ ke 44 dan FSQ ke 29 yang dipusatkan di Barus berlangsung tertib dan meriah. Diawali dengan pembacaan ayat suci AlQuran oleh Qari Internasional Adnan Tumanggor dan diakhiri dengan tausiyah oleh ustaz Ahmad Fadli Tanjung. Ribuan warga dari berbagai lapisan masyarakat juga antusias mengikuti jalannya acara hingga akhir, yang diselingi penampilan seni dan musik religi.
Wagubsu didampingi Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga juga berkesempatan menyerahkan piala bergilir kepada Juara Umum MTQ 44 Tapteng yang berhasil diraih Kecamatan Tuka. Juga diserahkan secara simbolis kepada para juara MTQ dan FSQ, termasuk juara pertama yang mendapat hadiah paket umroh gratis dan uang pembinaan puluhan juta rupiah, serta sepeda motor.
Turut hadir Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk, Ketua TP-PKK Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, Forkopimda dan OPD Tapteng. Mendampingi Wagubsu, Kepala Biro Binsos dan Kesejahteraan Setdaprovsu M Yusuf, dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sirorus SE MPd.(SB/Husni L)

Comments