Snorkeling di Tureloto Sihar Terpesona Disapa Ikan Nemo

Sentralberita|Tureloto~ Di sela sela kunjungan Sihar Sitorus di Pulau Nias, dia menyempatkan diri berwisata ke Pantai Tureloto, di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Wisata tersebut dilakukan Sihar sekaligus untuk menikmati keindahan alam Nias yang memiliki pesona laut yang sangat beragam.
Kekaguman Sihar terhadap keindahan Pantai Tureloto tersebut dinyatakan lewat aksi snorkeling. Sihar menyeberang laut menuju goso atau gundukan karang berpasir di laut dalam bahasa setempat. Sesampainya di goso, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumut nomor urut dua tersebut langsung menggunakan peralatan snorkeling dan masuk ke air dipandu oleh Javanolo Gea salah seorang pemilik travel di Nias, kemarin.
Selam permukaan atau selam dangkal yang dilakukan Sihar dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel, kaki katak dan sirip selam itu sangat dinikmati oleh wakil dari Djarot Saiful Hidayat tersebut. Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernapas melalui snorkel. Sihar terpukau melihat karang dan warna warni bawah laut yang cukup indah.
Bahkan di dasar laut dangkal Sihar didatangi ikan nemo. Ikan hias laut yang lucu, jinak, selalu berpenampilan cantik tersebut seolah olah menyapa kehadiran Sihar yang menikmati keindahan alam laut Nias.
 Ikan berwarna cerah dan memiliki tubuh yang lebar serta dilengkapi dengan mulut yang kecil itu membuat Sihar tertawa. Sihar mengatakan bahwa ikan hias di dasar laut dangkal tersebut harus terus dilestarikan. Dibiarkan hidup secara alami dengan habitat karangnya. Karena ikan itu merupakan anugrah Tuhan untuk alam laut Nias.
Setelah bermain main di dasar laut, Sihar mengatakan bahwa keindahan alam Tureloto adalah satu dari sekian banyak keindahan alam di Nias yang bisa di kembangkan secara bersama sama untuk kesejahteraan masyarakat. Sihar mengatakan bahwa alam laut Nias adalah alam yang luar biasa karena berada di laut lepas dan bisa dijadikan kawasan regional yang memiliki akses ke beberapa daratan di pulau Sumatera.
“Ini keindahan alam luar biasa dan harus di bangun bersama sama. Karena ini memiliki peluang pasar yang sangat besar,” katanya.
Sihar yang baru pertama kali snorkeling mengatakan bahwa keindahan alam laut itu harus di kelola dengan baik. Pertama alam lautnya harus dijaga karena itu merupakan anugrah yang diberikan Tuhan kemudian harus di fungsikan untuk kesejahteraan warga. “Dijaga dan difungsikan dengan baik. Kita benahi bersama agar dapat dipasarkan secara global. Masyarakat dibenahi akses juga dibenahi,” paparnya.
Pengelola pariwisata lokal, Wanuarman Gule mengatakan bahwa kehadiran Sihar Sitorus membawa berkat pada mereka. Karena Sihar datang menunjukkan kecintaan terhadap Nias serta  Salah satu yang paling disenangi warga saat ketika Sihar menyapa dengan sederhana. Memberikan kesan yang sangat baik karena Sihar memanfaatkan fasilitas lokal selama berkunjung ke Tureloto. “Makan siang dan menyapa warga dengan baik. Itu merupakan gambaran dari kekeluargaan yang sangat baik,” katanya.
Sihar menurut Wanuarman menikmati suasana laut sampai kegiatan snorkeling menyelam walau cuaca kurang begitu bagus. Dia berharap Sihar nantinya membangun Nias yang lebih baik dan mendukung program pemaksimalan kelautan mulai dari pariwisata dan perikanan. (SB/Husni L)

Comments

Tinggalkan Balasan