Prodi Magister Kenotariatan Sekolah Pascasarjana UNPRI – Sekolah Pascasarjana UNWAR Denpasar Teken MoU

Sentralberita| Medan~ Program studi (Prodi) Magister Kenotariatan Sekolah Pascasarjana Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Warmadewa Denpasar menandatangani kerjasama (MoU) di kampus tersebut Jalan Sekip Medan.

Penandatanganan MoU tersebut dihadiri Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Warmadewa (UNWAR) Prof Dr I Gde Suranaya Pandit MP, Ketua Program Studi Magister Kenotariatan UNWAR Dr I Nyoman Sujana SH MHum, Dekan Fakultas Hukum (FH) UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, Direktur Sekolah Pascasarjana UNPRI Dr Azharuddin SH MKn, Sekretaris Sekolah Pascasarjana UNPRI Dr Ir Yusriando SH MH, Sekretaris Program Studi Magister Kenotariatan UNPRI Dr Elvira Fitriyani Pakpahan SHI MHum, Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Hukum UNPRI Kartina Pakpahan SH MH dan Kepala Bagian Penelitian Sekolah Pascasarjana UNPRI Refi Ikhtiari PhD.

Direktur Sekolah Pascasarjana UNPRI Dr Azharuddin SH MKn mengatakan, tujuan kerjasama tersebut untuk meningkatkan dan mengembangkan keilmuan, khususnya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), dengan maksud terwujudnya Kualitas Keilmuan dan Kelembagaan serta Kesejahteraan Masyarakat.

Menurut pria yang sangat dikenal ramah ini, bahwa kerjasama dimaksud merupakan langkah baik bagi pengembangan lembaga masing-masing, baik Sekolah Pascasarjana UNPRI maupun Sekolah Pascasarjana UNWAR.

“Saya berharap, dari kerjasama ini dapat memberikan kontribusi terhadap Sekolah Pascasarjana UNPRI, khususnya Program Magister Kenotariatan di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Azharuddin.

Pada kesempatan itu juga, Sekretaris Program Studi Magister Kenotariatan Dr Elvira Fitriyani Pakpahan SHI MHum menambahkan, pihaknya sudah berkomitmen untuk tidak hanya sekedar menandatangani MoU saja, tetapi langsung mengaplikasikannya.

Elvira juga menyebutkan, banyak kegiatan yang bisa dilakukan sebagai wujud nyata dari penandatanganan MoU itu.

“Salah satunya adalah melakukan Focus Group Discussion (FGD), dengan tema Analisis dan Evaluasi Kebijakan Pemeliharaan, Pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia,” kata wanita berkerudung ini lagi.

Menurut Dr Elvira, tema tersebut merupakan isu global yang disampaikan oleh Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Warmadewa Prof Dr I Gde Suranaya Pandit MP.

Dijelaskan Elvira juga, untuk tindak lanjut dari penandatanganan MoU, tentunya tidak hanya kegiatan diskusi saja, masih banyak kegiatan-kegiatan lain yang bisa dilakukan antara Sekolah Pascasarjana UNPRI dengan Sekolah Pascasarjana UNWAR, khususnya Program Magister Kenotariatan dikemudian hari, antara lain pendidikan, pelatihan, workshop, lokakarya, seminar, pertukaran tenaga ahli, Publikasi, dan Penerbitan Karya Akademik, jurnal dan prosiding dalam rangka menciptakan hubungan keilmuan di bidang Ilmu Hukum, dan Kenotariatan.

Dalam FGD tersebut, Prof Dr I Gde Suranaya Pandit MP memaparkan mengenai kebijakan pengelolaan lingkungan hidup serta penegakan hukum lingkungan.

Hal ini menurutnya penting, mengingat banyaknya masalah lingkungan yang bersifat global, kualitas lingkungan yang semakin menurun, laju pencemaran dan kerusakan lingkungan terus meningkat.

Sehingga, katanya, perlu solusi pembangunan bekelanjutan, baik dari sisi ekonomi, sosial dan lngkungan hidup yang selaras, serasi dan seimbang.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn kepada wartawan, Senin (2/4/2018) menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang dijalin oleh Sekolah Pascasarjana UNPRI dengan Sekolah Pascasarjana UNWAR Denpasar, yang sudah dibuktikan bahwa kerjasama ini tidak hanya sebatas penandatanganan MoU saja, tetapi langsung ditindaklanjuti dengan melakukan kegiatan FGD.

“Semoga sekolah Pascasarjana UNPRI terus melakukan pengembangan dengan menjalin kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, untuk mewujudkan kualitas keilmuan dan kelembagaan,” ungkap tokoh pendidikan Sumut ini dengan nada gembira. (SB/rel)

Comments