Pertama di Indonesia, Inspektorat Provsu Tukar Menukar Data Tipikor Dengan Kejari Asahan

 

Kepala Inspektorat Provsu OK Hendry tampak melakukan tukar menukar data Tipikor kepada Kejari Asahan H Robert Hutagalung (F/SB.dok)

Sentralberita – Asahan | Membangun sinergitas pasca MOU antara Jaksa Agung, Kapolri dan Mendagri, Inspektorat Provinsi Sumatera Utara melakukan tukar menukar data kasus tindak pidana korupsi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan, Selasa (10/4) di Aula Kejaksaan setempat.

Kajari Asahan H Robert Hutagalung dalam sambutannya mengatakan, secara khusus pihaknya memberikan apresiasi kepada Inspektorat Provsu yang sudah melakukan kerjasama dalam tukar menukar data Tipikor yang bertujuan membawa dampak bagi masyarakat di kemudian hari.

“Kerjasama tukar menukar data Tipikor antara Inspektorat Provsu dengan Kejari Asahan merupakan trobosan yang dilakukan, hal ini merupakan yang pertama kali di Indonesia”, ungkapnya.

Kajari juga menjelaskan, Kordinasi yang dilakukan dengan Inspektorat Provsu karena wilayah kerjanya meliputi kabupaten/kota yang ada, “ini tidak ada kaitanya dengan yang lain, karena wilayah kerja Inspektorat Provsu meliputi wilayah kerja Kejari Asahan”,tegas H Robert Hutagalung.

Kepala Inspektorat Provsu OK Hendry yang juga merupakan Ketua Forum APIP Indonesia pada acara kerjasama itu mengatakan, momen berharga ini merupakan terjemahan MOU yang telah ditandatangani oleh Kejagung, Kapolri dan Mendagri.

Tukar menukar data khusus kasus Tipikor yang dilakukan hari ini sudah dilaporkan kepada Gubernur Sumatera Utara dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, kegiatan ini merupakan sinergitas antara Inspektorat dengan Aparat Penegak Hukum (APH), jelas OK Hendry.

Selanjutnya dikatakan, hasil audit Inspektorat yang diserahkan kepada APH diharapkan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ada, sebab pencegahan tetap menjadi prioritas serta pemberi dan penerima suap diancam pidana.(SB/sus)

Comments

Tinggalkan Balasan