Kas Negara Kosong, Dana BOS Tertunggak, Ujian Akhir Sekolah Terganggu, Benarkah ?

Oleh : Ibrahim Sakty Batubara

Sentralberita|Medan~Sampai Sabtu kemaren tgl 7 April 2018 Dana Operasional Sekolah (BOS) yang sudah 2 bulan lebih ditunggu-tunggu oleh Kepala-Kepala  Sekolah tak juga turun. Padahal ujian akhir sekolah sudah dimulai. Sebutlah misalnya SMK ujian akhirnya dimulai tgl 2 April hari Senen yg lalu. Ujian SMA akan dilaksanaka,  Senin 9 April bersamaan dgn Ujian USBN SMP pada tanggal yang sama..

Informasi dari sejumlah Kepala Sekolah dana BOS yang semestinya digunakan antara lain untuk membiayai Ujian tersebut ternyata tak juga turun.

Ujian ditunda ? Tidak bisa ! Jadwal itu sudah baku dan berlaku secara nasional. Akibatnya para kepala sekolah harus berjibaku mencari pinjaman (berhutang) dari pihak ke tiga.

Seorang Kepala SMP Negeri berinisiatif mencari informasi. Dia telpon ke sana ke mari. Sepotong info dia peroleh bahwa dana BOS belum turun dari Menteri Keuangan . Benarkah ? Bila itu benar? Itu artinya kas negara kosong.

Ketika saya masih aktif di Komisi X DPR RI, pada penghujung tahun 2011, ada kesepakan antara DPR RI dengan Menteri Mendiknas yang waktu itu dijabat oleh Prof. DR muhammad Nuh, bahwa dana BOS harus ditransfer ke daerah paling lambat minggu ke- 3 Januari setiap tahun, dan pada minggu ke 4 Januari atau Minggu pertama Pebruari sudah harus masuk ke Rekening sekolah.

Saya khawatir, janganjangan dana BOS yg sudah dialokasikan dalam APBN untuk keperluan operasional sekolah itu, sudah dialihkan pula untuk keperluan Pembangunan infrastruktur. Kalau itu yang terjadi, rezim ini memang sudah keterlaluan.

DPR RI Komisi X harus segera memanggil Menteri Pendidikan untuk membahas kasus tersebut. Jangan sampai ambisi untuk kembali berkuasa pada periode ke dua, lalu mengorbankan Pendidikan anak2 bangsa. ( penulis adalah mantan anggota DPR RI , Pengurus PWM Sumut)

Comments

Tinggalkan Balasan