Senang dan Bangganya Warga, Djarod Ikut Mainkan Rebana di Labuhanbatu

Sentralberita|Labuhanbatu~Sebelum meninggalkan Kota Rantau Prapat, Kabupaten Labuhan Batu, Sabtu (10/3/2018), Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Syaiful Hidayat tertarik dengan alat musik rebana. Djarot pun berkesempatan memainkan alat musik rebana bersama masyarakat disana.

‘’Rebana kalau Bahasa Jawa berarti terbang. Alat musik gendang berlapis kulit kambing berbentuk bundar dan pipih ini merupakan khas suku Melayu. Di Betawi, alat musik rebana ini juga sangat terkenal,’’ ucap Djarot.

Rebana juga digunakan untuk melantunkan kasidah (qasidah) dan hadroh. Musik rebana adalah musik yang bernafaskan Islam merupakan hiburan kepada masyarakat yang berisi pujian kepada Allah SWT dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam kesempatan itu, Djarot menuturkan bahwa Indonesia memang kaya akan seni dan budaya, terutama seni nasyid dengan alat musik rebananya.

‘’Di Sumut, saya dengar seni kasidah atau seni nasyidnya maju dan dikenal dalam festival-festival nasyid tingkat nasional. Kita tentunya berharap seni nasyid dan kasidah di daerah ini terus dilestarikan serta dikembangkan,’’ ucap Djarot (SB/Husni L)

Comments

Tinggalkan Balasan