Makan Malam Bersama Warga, Sihar: Kekerabatan di Lingkungan Masyarakat Sumut Tinggi

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus saat menikmati makam malam bersama dan ala kadarnya dengan suasana kekeluargaan di Dusun Janji III, Desa Janji Lobi, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, akhir pekan lalu.

Sentralberita| Rantau Prapat~Akhir pekan lalu, usai mejalankan rutinitas safari politiknya, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus menyempatkan waktu makan malam bersama warga. Makan malam sederhana dan ala kadarnya tersebut merupakan program Rumahku Djoss yang berlangsung sangat akrab dengan suasana kekeluargaan di Dusun Janji III, Desa Janji Lobi, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu.

Makan malam dengan ratusan warga di rumah kediaman Suryati tersebut merupakan makan malam penutup akhir pekan bagi Sihar.

Rumahku Djoss adalah program pasangan Djarot-Sihar, yakni program kunjungan ke rumah-rumah warga. Mendengar keluh kesah warga, sehingga menjadi masukan bagi pasangan ini untuk mengaplikasikannya jika terpilih nanti.

Setelah sebelumnya Sihar juga menjalankan rutinitas kampanye di beberapa kabupaten kota dengan menemui banyak warga serta mendegar curhatan mereka.

Bagi Sihar pertemuan di malam itu merupakan pertemuan yang istimewa, karena pada saat itu juga dia bertemu dengan beberapa kerabatnya Pane yang masih memiliki kedekatan silsilah dengannya.

“Ternyata Tuhan memberikan saya waktu yang baik untuk bertemu saudara dan keluarga saya di sini. Demikian juga dengan warga khususnya untuk ibu Suryati yang membuka rumahnya untuk menerima saya makan malam bersama. Intinya kekeluargaan nomor satu, Gubernur itu nomor dua,” jelasnya.

Sihar mengatakan bahwa pertemuan malam itu adalah pertemuan spontanitas. Namun dalam pertemuan spontanitas itu ada hal besar yang dia temukan. Karena pertemuan itu telah menunjukkan bahwa kekerabatan di lingkungan masyarakat Sumut sangat tinggi. Sehingga tercipta suasana kekeluargaan yang sangat baik.

“Toleransi dan keakraban. Semua terjalin dengan baik. Saya singgah hanya untuk makan malam dan tidak membahas politik. Yang kita bahas adalah keluarga dan ikatan sosial yang menjadi dasar dari kebersamaan itu sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Suryati pemilik rumah mengatakan bahwa dia dan masyarakat sangat bangga dapat makan malam bersama Cawagub Sumut nomor urut dua tersebut. Sihar menurutnya sangat sederhana dan pantas memimpin Sumut.

Dengan pesan agar nanti jika terpilih Sihar memperhatikan nasib kaum kecil dan membangun masyarakat pedesaan. “Dia sudah melihat kami, keluarga kami dan kondisi desa kami. Semoga dia terpilih dan memperhatikan nasib kami nantinya,” katanya.

Warga Dusun Lingga III lainnya, Rudi Januar mengatakan hal yang sama. Menurutnya berkomunikasi dengan Sihar sangat mudah dan sederhana. Sihar yang maju mendampingi Djarot Saiful Hidayat tersebut mau mendengarkan berbagai keluhan mereka tanpa embel-embel.

“Kita sampaikan secara langsung, dan kita didengar dengan baik. Kita meminta agar nasib kita di pikirkan. Kita juga mengharapkan adanya lapangan pekerjaan hingga pedesaan agar kita tidak perlu meninggalkan kampung halaman,” katanya (SB/Husni Lubis)

Comments

Tinggalkan Balasan