Didapat dari Distributor Jakarta, Seorang Warga Diamankan Edarkan obat-obatan Diduga Palsu

BPOM amankan pelaku yang diduga edarkan obat-obat palsu

Sentralberita| Medan~Badan pengawas obat dan makanan (BPOM) menangkap seorang warga yang sedang mengedarkan obat-obatan diduga palsu disalah satu apotik di Jalan Klumpang, kecamatan Hamparan Perak Deliserdang.

Dari tangan tersangka petugas mengamankan sejumlah jenis obat yang diduga palsu. Guna penyidikan, petugas bpom menyerahkan pelaku ke direktorat reserse kriminal khusus (ditreskrimsus) Polda Sumut, Senin malam.

Selama enam bulan, petugas bpom telah mengintai dan mengikuti jejak pelaku. Dari tangan pelaku, petugas menyita sejumlah obat-obatan seperti crolan fenicol kapsul, imodium tablet dan nizoral dan satu unit sepeda motor yang digunakan pelaku untuk mengantar obat-obatan tersebut ke sejumlah apotik di kota Medan dan Deliserdang.

Setelah menangkap JM,  petugas akhirnya melakukan pengembangan kerumah pelaku di Jalan Yos Sudarso Medan, kecamatan Medan Barat. Di dalam rumah pelaku, petugas bpom tidak menemukan obat-obatan yang diduga palsu.

Kepada petugas, pelaku JM mengaku telah menjalani kerjaan sebagai penyuplai obat-obatan yang diduga palsu ini karena faktor ekonomi, akibat tidak adanya pekerjaan lain dan  mendapatkan obat-obatan tersebut dari salah seorang distributor yang ada di Jakarta.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku saat ini masih diperiksa di ditreskrimsus mapolda sumut dan terancam hukuman penjara selama 15 tahun kurungan penjara karena melanggar undang-undang khupidanan pasal 196-197 nomor 39 tahun 2009 tentang keehatan. (SB/AR)

Comments

Tinggalkan Balasan