Perajin Hio di Medan Kebanjiran Order Jelang Imlek

Sentralberita| Medan~Menjelang perayaan tahun baru imlek 2018,  sejumlah perajin hio di kota Medan mulai kebanjiran orderan.  Dalam setiap harinya, pesanan yang datang dari luar kota mencapai ratusan batang hio dengan berbagai ukuran semakin hari semakin meningkat, terlebih lagi jelang perayaan hari raya imlek.

Dalam setiap harinya,  pesanan yang datang mencapai dua ratusan hingga tiga ratusan batang hio dengan berbagai ukuran, dari berbagai daerah baik dalam dan luar kota Medan seperti palembang, tanjung balai  dan hio tersebut menjadi peluang bisnis yang menjanjikan terlebih lagi disaat masuknya perayaan imlek permintaan hio semakin hari semakin meningkat.

Proses pembuatan hio sendiri terbilang sangat panjang,  mulai dari pembuatan bahan dasar yang berasal dari batok kelapa, kemudian digiling hingga halus lalu masuk pada proses pembentukan hio dengan menggunakan mesin press,  selanjutnya dikeringkan dan pada tahap air dilakukan pengecatan dan hio siap untuk di pasarkan. Bentuk dan ukuran hio yang dipesan pun bervariasi mulai dari hio berukuran besar dengan motif naga/ hingga hio berukuran kecil.

Harga hio sendiri dijual dengan harga sembilan belas ribu rupiah untuk satu dus hio berukuran kecil dan dua ratus lima puluh ribu rupiah/ untuk satu batang hio berukuran besar, hio ini merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi umat budha/ dimana saat malam pergantian tahun baru, hio-hio tersebut di bakar untuk ritual sembahyang. (SB/AR)

Comments

Tinggalkan Balasan