PAN Sumut Dinyatakan Memenuhi Syarat Verifikasi Faktual, Targetkan 12 Kursi Pemilu 2019

Sentralberita|Medan~Verifikasi ulang bagi partai politik yang dilakun KPU Sumut yang sebelumnya belum memenuhi syarat termasuk diantaranya Partai Amanat Nasional Sumut, Sabtu (3/1/2018) di kator DPW PAN Sumut Jalan Wahid Wasyim Medan dinyatakan memenuhi syarat.

“Dari beberapa parpol yang kita datangi mereka sudah memenuhi seluruh syarat yang masih kurang kemarin. Akhirnya kita pastikan sudah memenuhi syarat,” kata Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain usai verifikasi di Kantor DPW PAN Sumut, Jalan Wahid Hasyim, Medan, Sabtu (3/2).

Tujuh partai politik yang sebelumnya dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) pada saat verifikasi pertama tanggal 29-30 Januari 2018 kemarin akhirnya dinyatajan memenuhi syarat (MS). Status ini disampaikan usai proses verifikasi lanjutan yang dilakukan oleh KPU Sumut terhadap masing-masing partai politik tersebut.

Iskandar menjelaskan, hari ini mereka mendatangi seluruh parpol yang sebelumnya dinyatakan belum memenuhi syarat. Partai-partai tersebut yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua DPW PAN Sumut Yahdi Khoir bersama bendahara DPW PAN Sumut Saka Ginting, dan pengurus lainnya seperti Muslim Simbolon merasa bangga PAN Sumut lolos verfikasi. DPW PAN Sumut, kata Yahdi dengan batas waktu yang diberikan KPU telah melakukan perbaikan dan memberikan perbaikan itu dilihat KPU Sumut.

PAN Sumut sebelumnya dinyatakan BMS karena Nomor Induk Kependudukan (NIK) Ketua dan Sekretaris DPW tidak sesuai dengan data yang tertera di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dan juga keterwakilan perempuan yang belum memenuhi 30 persen.

Menurut Yahdi, keterwakilan perempuan sesungguhnya di DPW PAN Sumut 42 persen orang dari jumlah di kepengurusan 69. Tapi saat verfikasi yang hadir 13 orang karena hari kerja, sementara yang hadir kemarin sekitar 11 orang. Menurut Yahdi itu sudah melampoi seperti yang diharapkan KPU 30 persen keterwakilan perempuan.

Dengan lolosnya PAN dalam verifikasi, PAN Sumut telah menjadi partai peserta pemilu 2019 . DPW PAN Sumt menarget Target 12 kursi pada Pemilu 2019 mendatang. “Target yang wajar itu 8-10 kursi, dengan bekerja keras kita targetkanlah 12 kursi,”ujar Yahdi.(SB/Husni L)

Comments